Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Muroqobah di TPQ Al- Musthofa Desa Purwosono Lumajang

Authors

  • Ahmad Ihwanul Muttaqin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Ahmad Hafidz Lubis Insitut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Hamdan Musthofa Ichsan Insitut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Siti Nur Chasanah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Muhammad Royhanul Ulum Aziz Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3257

Keywords:

Pembelajaran al-Qur’an, Metode Muroqobah

Abstract

Artikel ini merupakan hasil pendampingan yang dilakukan di taman pendidikan al-Qur’an terutama pada proses pembelajaran hafalan. Proses pembelajaran al-Qur’an selama ini di berbagai TPQ terutama di daerah dampingan menggunakan metode setor hafalan sebagaimana biasanya. Metode setor hafalan menjadi metode yang seringkali digunakan oleh para pengajar al-Qur’an terutama untuk pelajar usia kelas bawah. Proses pendampingan menggunakan pendekatan participatory action research (PAR), yakni sebuah riset aksi partisipatif yang menjadikan problematika sebagai obyek dan masyarakat sebagai subyek dampingan. Hasil pendampingan menunjukkan kemajuan dalam proses pembelajaran hafalan al-Qur’an. Peserta didik termotivasi untuk memperbanyak hafalan, orang tua juga dapat mendampingi peserta didik di rumah dengan menggunakan berbagai media seperti murottal al-Qur’an di platform youtube maupun video pembelajaran yang lain. Hal ini dapat mendorong percepatan hafalan al-Qur’an dan membantu peserta didik sebelum menyetorkan hafalan kepada guru tahfidznya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asniyah, Maqam &Ahwal. 2014. “Makna dan Hakikatnya dalam Pendakian Menuju Tuhan”, Jurnal Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Vol 16, No 1, April 2014

Azmi, Muhammad Hafidz dan Taufik Abdullah. 2021. "Pendekatan Spiritual dalam Membantu Anak Menghafal Al-Qur'an." Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2, 2021, 120-135.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Idris, H., Ahmad Ihwanul Muttaqin, & Fajarudin, A. A. (2023). Fenomena Fomo; Pandangan Al-Qur’an tentang Pendidikan Mental dan Keseimbangan Kehidupan Generasi Millenial. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 145–157. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2678

Kemmis, Stephen & Robin McTaggart. 2014. The Action Research Planner, Doing Critical Participatory Action Research. 4th ed. Berlin: Springer.

Purwadarminta, dalam Sudjana S. 2010. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prodution.

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, cet. ke 3 (Jakarta: Kalam Mulya, 2001), 107.

Sagor, Richard. 2000. Guiding School Improvement with Action Research. Alexandria: ASCD

Stringer, Ernest. 2007. Action Research, 3rd ed. Thousand Oaks: Sage

Syauqi, Muhammad Iqbal. Menghafal atau Membaca Mushaf Al-Qur’an yang Lebih Utama, dalam https://nu.or.id/syariah/menghafal-atau-membaca-mushaf-al-quran-yang-lebih-utama-DPpsl. diakses, 25 Oktober 2024

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Muttaqin, A. I., Lubis, A. H., Ichsan, H. M., Chasanah, S. N., & Aziz, M. R. U. (2024). Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Muroqobah di TPQ Al- Musthofa Desa Purwosono Lumajang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 29–40. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3257

Issue

Section

Articles