Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Muroqobah di TPQ Al- Musthofa Desa Purwosono Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3257Keywords:
Pembelajaran al-Qur’an, Metode MuroqobahAbstract
Artikel ini merupakan hasil pendampingan yang dilakukan di taman pendidikan al-Qur’an terutama pada proses pembelajaran hafalan. Proses pembelajaran al-Qur’an selama ini di berbagai TPQ terutama di daerah dampingan menggunakan metode setor hafalan sebagaimana biasanya. Metode setor hafalan menjadi metode yang seringkali digunakan oleh para pengajar al-Qur’an terutama untuk pelajar usia kelas bawah. Proses pendampingan menggunakan pendekatan participatory action research (PAR), yakni sebuah riset aksi partisipatif yang menjadikan problematika sebagai obyek dan masyarakat sebagai subyek dampingan. Hasil pendampingan menunjukkan kemajuan dalam proses pembelajaran hafalan al-Qur’an. Peserta didik termotivasi untuk memperbanyak hafalan, orang tua juga dapat mendampingi peserta didik di rumah dengan menggunakan berbagai media seperti murottal al-Qur’an di platform youtube maupun video pembelajaran yang lain. Hal ini dapat mendorong percepatan hafalan al-Qur’an dan membantu peserta didik sebelum menyetorkan hafalan kepada guru tahfidznya.
Downloads
References
Asniyah, Maqam &Ahwal. 2014. “Makna dan Hakikatnya dalam Pendakian Menuju Tuhan”, Jurnal Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Vol 16, No 1, April 2014
Azmi, Muhammad Hafidz dan Taufik Abdullah. 2021. "Pendekatan Spiritual dalam Membantu Anak Menghafal Al-Qur'an." Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2, 2021, 120-135.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Idris, H., Ahmad Ihwanul Muttaqin, & Fajarudin, A. A. (2023). Fenomena Fomo; Pandangan Al-Qur’an tentang Pendidikan Mental dan Keseimbangan Kehidupan Generasi Millenial. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 145–157. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2678
Kemmis, Stephen & Robin McTaggart. 2014. The Action Research Planner, Doing Critical Participatory Action Research. 4th ed. Berlin: Springer.
Purwadarminta, dalam Sudjana S. 2010. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prodution.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, cet. ke 3 (Jakarta: Kalam Mulya, 2001), 107.
Sagor, Richard. 2000. Guiding School Improvement with Action Research. Alexandria: ASCD
Stringer, Ernest. 2007. Action Research, 3rd ed. Thousand Oaks: Sage
Syauqi, Muhammad Iqbal. Menghafal atau Membaca Mushaf Al-Qur’an yang Lebih Utama, dalam https://nu.or.id/syariah/menghafal-atau-membaca-mushaf-al-quran-yang-lebih-utama-DPpsl. diakses, 25 Oktober 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Ihwanul Muttaqin, Ahmad Hafidz Lubis, Hamdan Musthofa Ichsan, Siti Nur Chasanah, Muhammad Royhanul Ulum Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.