Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dengan Teknik Pomodoro, Cornell Notes dan Feynman di Sanggar Belajar Professor Kota Madiun

  • Heidy Arviani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dyva Claretta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Zainal Abidin Achmad Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di Sanggar Belajar “Professor”, Kota Madiun dengan menerapkan metode belajar komprehensif, yaitu Teknik Pomodoro, Teknik Cornell Notes, dan Teknik Feynman. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan kombinasi antara tutorial dan praktik yang berlangsung secara hybrid (online dan offline). Tutorial mengenai materi pengenalan berbagai teknik belajar dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Sedangkan praktik penerapan Teknik-teknik belajat tersebut dilakukan secara luring di dalam kelas.  Tolok ukur keberhasilan kegiatan ini adalah membiasakan para pengajar dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar lebih terarah dan maksimal. Penerapan metode belajar yang tepat dapat meningkatan minat dan semangat siswa pada mata pelajaran.  Teknik Pomodoro membantu siswa dalam meningkatkan konsentrasi belajar dengan pemanfaatan efisiensi waktu. Teknik Cornell Notes dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk meringkas materi. Teknik Feynman melatih siswa melakukan penyederhanaan materi yang kompleks dengan bahasa yang singkat. Hasil kegiatan menunjukkan  penerapan berbagai teknik belajar Pomodoro, Cornell Notes, dan Feynman, terbukti dapat meningkatkan nilai ujicoba ujian. Penggunaan teknik belajar yang komprehensif memudahkan siswa dalam memahami berbagai konsep rumit, memperkuat fokus belajar, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kualitas belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-15
How to Cite
ARVIANI, Heidy; CLARETTA, Dyva; ACHMAD, Zainal Abidin. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dengan Teknik Pomodoro, Cornell Notes dan Feynman di Sanggar Belajar Professor Kota Madiun. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 67-85, nov. 2021. ISSN 2776-8813. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1268>. Date accessed: 04 dec. 2021.
Section
Articles