Pemberdayaan Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Quran melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Les di TPQ As-Salam Ngablak Lor Magelang
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3254Keywords:
Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an, EkstrakurikulerAbstract
Artikel ini merupakan proses pemberdayaan kepada anak-anak di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) As-Salam Dusun Ngablak Lor Magelang melalui kegiatan ekstrakurikuler dan les, dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). TPQ As-Salam, yang memiliki sekitar 150 peserta didik, menerapkan metode Qiro’ati dalam pembelajaran Alquran. Namun, terdapat kebutuhan untuk meningkatkan variasi kegiatan agar minat dan partisipasi anak-anak tetap tinggi. Dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat, tim berhasil memperkenalkan kegiatan les menggambar, menari, dan rebana, serta mengadakan acara Mabit yang menarik 70 anak. Metode PAR digunakan untuk melibatkan guru, orang tua, dan anak-anak dalam setiap langkah penelitian, mulai dari perencanaan hingga tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi anak-anak, terutama pada kegiatan ekstrakurikuler dan acara puncak. Selain itu, kegiatan ini telah memberikan pengalaman baru yang berharga bagi anak-anak, termasuk pelajaran kehidupan seperti kebersamaan dan kedisiplinan. Secara keseluruhan, program ini berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran di TPQ As-Salam dan menunjukkan potensi besar untuk kegiatan serupa di masa depan. Tantangan dalam mengondisikan anak-anak untuk mengikuti les dapat diatasi melalui evaluasi dan penyesuaian program. Penelitian ini menegaskan pentingnya variasi dalam kegiatan pembelajaran untuk mengoptimalkan perkembangan karakter dan keterampilan sosial anak-anak.
Downloads
References
Agus Afandi, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman, Jamilah, Nurhira Abdul Kadir, Syahruni Junaid, Serliah Nur, Rika Dwi Ayu Parmitasari, Nurdiyanah, Jarot Wahyudi, Marzuki Wahid. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.
Imroatul Fadlillah, Iwan Marwan. “Pemberdayaan TPQ Melalui Kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari.” JPM-IKP: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Vol. 4, No. 2 (September, 2021): 74–84. DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1034.
Lita Eka Wulandari, Edward Bellarmino, Arya Dwi Saputra, Laura Bernadeth Manik, Gabriel Arnold Budianto, Trinatalis Gulo, & Desi Arisandi. “Pengenalan Emosi dalam Rangka Pencegahan Bullying Serta Membangun Kesadaran Akan Dampak Negatif di SD Negeri Ciherang 2.” Jurnal Serina Abdimas, Vol. 2, No. 3 (Agustus, 2024): 1376–1381. DOI: https://doi.org/10.24912/jsa.v2i3.32456.
Steven Darryl Jacobs. “The Use of Participatory Action Research within Education-Benefits to Stakeholders.” World Journal of Education, Vol. 6, No. 3 (2016): 48–55. DOI: https://doi.org/10.5430/wje.v6n3p48.
Tiffany Shahnaz Rusli, Yoseb Boari, Dahlia Amelia, Dewi Rahayu, Bambang Setiaji, Suhadarliyah, Syarfina, Ansar CS, Syahruddin, Amiruddin, & Ika Yuniwati. 2022. Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salma Nabilla Kaltsum, Muhammad Alfarizi, Ida Novitasari, Ali Sofyan Al-Faqih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.