Pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Keagamaan di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Lumajang

  • Ihya' Ulumuddin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Yayok Wahyudi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Merupakan pendidikan yang wajib diajarkan kepada anak di usia dini karena pendidikan tersebut sangat penting bagi kehidupan sehari-hari selebihnya tentang pendidikan Agama. Pendampingan pengelolahan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula ini telah di sepakati oleh masyarakat desa Tempeh Kidul pada dusun Wonomerto Kidul dalam mengatasi kurangnya pengetahuan tentang pendidikan keagamaan yang di alami saat ini. Masalah tesebut adalah kurang fashihnya membaca Al – Qur’an dan rendahnya akhlak yang baik,  sehingga itu berdampak negatif terhadap kehidupan sehari-hari. Keadaan yang seperti ini mendorong masyarakat untuk segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti sebagai fasilitator, Menghadirkan masyarakat dalam memusyawarahkan pemecahan masalah tersebut secara bersama. Dengan adanya musyawarah ini, masyarakat sepakat menerapkan teknik meningkatkatkan pendidikan agama yang ada di Tempeh Kidul pada Dusun Wonomerto Kidul sebagai solusi tepat dikarenakan Madin adalah teknik pendampingan pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-15
How to Cite
ULUMUDDIN, Ihya'; WAHYUDI, Yayok. Pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Keagamaan di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Lumajang. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 75-84, nov. 2020. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/999>. Date accessed: 12 may 2021.
Section
Articles