Rebranding Wisata Kali Sejuk untuk Pengembangan UMKM di Dusun Darungan Purwosono Lumajang

Authors

  • Muhammad Farid Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Moch. Mahsun Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Noer Aisyah Barlian Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Indra Hidayatullah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Sa'adatu Mukarromatil Arifah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Siti Nur Latifah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3259

Keywords:

Rebranding Kali Sejuk, Pengembangan UMKM

Abstract

Kali Sejuk memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Darungan. Karena beberapa alasan kali sejuk menjadi sepi. Karena itu diperlukan penciptaan nilai baru dan branding ulang (rebranding) terkait destinasi wisata tersebut. Penciptaan value adalah titik awal untuk setiap bisnis skala kecil atau besar. Ini memerlukan pembuatan produk dan penyediaan layanan yang menurut pelanggan berguna secara konsisten agar dapat membangun ikatan loyalitas. Dalam menciptakan nilai (creating value) selalu diperlukan perbaikan  proses bisnis yang melibatkan berbagai pihak dalam organisasi, dengan melakukan upaya pemahaman sebaik mungkin mengenai pelanggan dan mengetahui apa kebutuhan mereka. Rebranding merupakan langkah transformasi penciptaan citra baru perusahaan yang ditopang oleh manajemen yang lebih solid dan kinerja yang lebih bagus. Rebranding dapat juga diartikan sebagai suatu proses pemberian nama brand baru atau identitas baru pada produk atau jasa yang sudah mapan tanpa perubahan berarti dari manfaat yang ditawarkan oleh produk. Proses rebranding dapat dilakukan pada suatu produk baru atau pada produk yang sudah mapan. Hasil pendampingan bersama UMKM dan POKMAS Wisata Kalisejuk disepakati beberapa hal antara lain, menjaga kebersihan, menjual jajanan khas dilengkapi dengan daftar menu. Pelaku UMKM dan POKMAS setuju untuk mengadakan event musik keroncong agar masyarakat Lumajang sebagai daya tarik awal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David. 1991. Managing Brand Equity. New York: The Free Press

Ariano, Marco. 2017 “Pengaruh Rebranding dan Repositioning terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia”. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, Vol. 6 No.2 (2017).

Kapferer, Jean-Noël “The End of Luxury as We Knew It”, Journal of Brand Management, 2017. DOI 10.1007/978-3-319-51127-6_2

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Muttaqin, Ahmad Ihwanul; Muhammad Abdul Halim, & Haidar Idris, “Partisipasi Perempuan Kepala Keluarga dalam Menciptakan Inklusi Sosial di Desa Pandansari Lumajang”, Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2 (Mei, 2023); 169. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i2.2952

Muzellec, Laurent; Doogan, M., & Mc Lambkin, 2003. “Corporate Rebranding: an Exploratory Review”. Irish Marketing Review, 16 (2) 31-40

Soekanto, Soerjono. 2010. Pengantar Sosiologi. Jakarta: PT Rajawali Pers

Young, Lynne. 2006. “Editorial: Participatory Action Research (PAR)”, Western Journal of Nursing Research, Vol 28, No 5, 499-504

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Farid, M., Mahsun, M., Barlian, N. A., Hidayatullah, I., Arifah, S. M., & Latifah, S. N. (2024). Rebranding Wisata Kali Sejuk untuk Pengembangan UMKM di Dusun Darungan Purwosono Lumajang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3259

Issue

Section

Articles