Rebranding Wisata Kali Sejuk untuk Pengembangan UMKM di Dusun Darungan Purwosono Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3259Keywords:
Rebranding Kali Sejuk, Pengembangan UMKMAbstract
Kali Sejuk memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Darungan. Karena beberapa alasan kali sejuk menjadi sepi. Karena itu diperlukan penciptaan nilai baru dan branding ulang (rebranding) terkait destinasi wisata tersebut. Penciptaan value adalah titik awal untuk setiap bisnis skala kecil atau besar. Ini memerlukan pembuatan produk dan penyediaan layanan yang menurut pelanggan berguna secara konsisten agar dapat membangun ikatan loyalitas. Dalam menciptakan nilai (creating value) selalu diperlukan perbaikan proses bisnis yang melibatkan berbagai pihak dalam organisasi, dengan melakukan upaya pemahaman sebaik mungkin mengenai pelanggan dan mengetahui apa kebutuhan mereka. Rebranding merupakan langkah transformasi penciptaan citra baru perusahaan yang ditopang oleh manajemen yang lebih solid dan kinerja yang lebih bagus. Rebranding dapat juga diartikan sebagai suatu proses pemberian nama brand baru atau identitas baru pada produk atau jasa yang sudah mapan tanpa perubahan berarti dari manfaat yang ditawarkan oleh produk. Proses rebranding dapat dilakukan pada suatu produk baru atau pada produk yang sudah mapan. Hasil pendampingan bersama UMKM dan POKMAS Wisata Kalisejuk disepakati beberapa hal antara lain, menjaga kebersihan, menjual jajanan khas dilengkapi dengan daftar menu. Pelaku UMKM dan POKMAS setuju untuk mengadakan event musik keroncong agar masyarakat Lumajang sebagai daya tarik awal
Downloads
References
Aaker, David. 1991. Managing Brand Equity. New York: The Free Press
Ariano, Marco. 2017 “Pengaruh Rebranding dan Repositioning terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia”. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, Vol. 6 No.2 (2017).
Kapferer, Jean-Noël “The End of Luxury as We Knew It”, Journal of Brand Management, 2017. DOI 10.1007/978-3-319-51127-6_2
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks
Muttaqin, Ahmad Ihwanul; Muhammad Abdul Halim, & Haidar Idris, “Partisipasi Perempuan Kepala Keluarga dalam Menciptakan Inklusi Sosial di Desa Pandansari Lumajang”, Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2 (Mei, 2023); 169. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i2.2952
Muzellec, Laurent; Doogan, M., & Mc Lambkin, 2003. “Corporate Rebranding: an Exploratory Review”. Irish Marketing Review, 16 (2) 31-40
Soekanto, Soerjono. 2010. Pengantar Sosiologi. Jakarta: PT Rajawali Pers
Young, Lynne. 2006. “Editorial: Participatory Action Research (PAR)”, Western Journal of Nursing Research, Vol 28, No 5, 499-504
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Farid, Moch. Mahsun, Noer Aisyah Barlian, Indra Hidayatullah, Sa'adatu Mukarromatil Arifah, Siti Nur Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.