Santri Berbakat: Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Muhadhoroh pada Santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren

  • Durrotul Mufidah Wacahyani Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ririn Tri Puspita Ningrum Institut Agama Islam Negeri Kediri

Abstract

Siswa berbakat pada umumnya adalah siswa yang memiliki kemampuan lebih atau lebih luar biasa. Siswa berbakat biasanya memiliki bakat khusus guna menunjang potensinya untuk berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bakat dan minat santri cyber pesantren Syarif Hidayatullah, dan mendeskripsikan kegiatan santri berbakat untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat dan minat di pondok pesantren cyber Syarif Hidayatullah. Penelitian ini dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan muhadhoroh. Strategi yang digunakan pengurus pondok pesantren adalah dengan mengadakan kegiatan muhadhoro yang diikuti oleh para santri syarif hidayatullah cyber pesantren. Kegiatan muhahdhoroh dapat ditingkatkan lagi agar minat dan bakat mahasiswa lebih baik dan berkembang dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-15
How to Cite
WACAHYANI, Durrotul Mufidah; NINGRUM, Ririn Tri Puspita. Santri Berbakat: Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Muhadhoroh pada Santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, nov. 2021. ISSN 2776-8813. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1212>. Date accessed: 03 july 2022. doi: https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i1.1212.
Section
Articles