Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat

Authors

  • Istianatul Chusniyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Nilna Fauza Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Pandemi Covid-19

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Garu Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk pada sebuah Usaha Kecil Menengah (UMKM) dengan nama Arjuno. Mewabahnya pandemi virus corona yang melanda Indonesia secara langsung berdampak pada para pelaku UMKM, khususnya di Desa Garu. Pemberlakuan lockdown oleh kalangan menengah, daerah dan desa dapat mengurangi masuknya jual beli bagi para pelaku UMKM ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas informasi dan kemampuan dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan pendekatan PAR dengan mengkoordinir, meluruskan dan bergerak. Kegiatan ini diwujudkan melalui persiapan pemanfaatan media sosial dalam menampilkan item dan penilaian dengan menggunakan komunikasi web dan siaran untuk menumbuhkan pasar melalui digital marketing. Hasil yang diperoleh setelah pelatihan menunjukkan bahwa perluasan penerimaan dari pelanggan ke UMKM Arjuno diidentifikasi dapat membangun pesanan dan omset UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-15

How to Cite

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Issue

Section

Articles