Peningkatkan Nilai Pendidikan dan Daya Tarik Wisata Sungai Ilmu Tumpak Selo Desa Petahunan Lumajang

Authors

  • Taqwa Nur Ibad Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Yuli Dwi Yusrani Anugrah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Muhammad Masyhuri Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Iklilah Arum Maya Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Abdul Mujib Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Lailatul Qomaria Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3262

Keywords:

Nilai Pendidikan, Daya Tarik Wisata, Sungai Ilmu Tumpak Selo

Abstract

Pendidikan dan wisata merupakan dua aspek penting dalam menggali potensi suatu wilayah. Sungai ilmu Tumpak Selo memiliki peran yang signifikan dalam memadukan dua aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai pendidikan dan daya tarik wisata melalui Sungai Ilmu Tumpak Selo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sungai ilmu, selain sebagai sumber air juga memiliki makna simbolis sebagai sungai pengetahuan yang kaya akan nilai pendidikan. Dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar program pendidikan yang terkait dengan lingkungan, keberlanjutan dan keanekaragaman hayati dapat dikembangkan. Selain nilai pendidikan, kawasan sekitar Tumpak Selo juga memiliki daya tarik wisata yang menarik. Keindahan alam, air yang jernih dan bersih ini memberikan pengalaman yang baik untuk para pengunjung. Pengembangan infrastruktur pariwisata yang berkelanjutan dapat meningkatkan daya tarik wisata Tumpak Selo sambil menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menyelaraskan pendidikan dan wisata melalui sungai ilmu, dapat diciptakan model pengelolaan yang holistik. Peningkatan kesadaran masyrakat terhadap pentingnya pendidikan dan pelestarian alam dapat menjadi modal utama dalam mencapai tujuan ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan nilai- nilai pendidikan dan daya tarik wisata melalui sungai ilmu, khususnya Tumpak Selo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”, Jurnal Pusaka, 8, 2016: 14-32.

Dwiyanto, Very. 2016. “Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Study Kasus: Sungai Air Anak (Hulu Sungai Way Besai). (Tugas Akhir) Fakultas Teknik, Universitas Lampung. 2016

Hadi, Wisnu. 2020. “Daya Tarik Aliran Sungai Opak di Wilayah Yogyakarta Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Pendidikan”, Jurnal Pariwisata dan Budaya, Vol. 11, No. 1, Maret 2020

Hermawan, Ruswandi. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press

Marhendi, Mengku. 2021. "Pengaruh Promosi dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Wisatawan di Kabupaten Semarang." Seminar

Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (Semnastekmu). Vol. 1, No. 1. 2021.

Nugraha, Yudha, and Feny MA Fallo. 2021. "Pengaruh Kualitas Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan pada Daya Tarik Wisata Taman Nostalgia Kota Kupang." Jurnal Pariwisata Indonesia Vol. 17, No. 2 (2021): 13-23.

Restyanto, Arshad Reza. 2016. "Pendidikan Sadar Wisata Untuk Masyarakat di Sekitar Obyek Wisata Air Terjun Sri Getuk Desa Bleberan Playen Kabupaten Gunungkidul." Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, Vol. 5. No. 3 (2016): 266-278.

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Thoha, M. Chabib. 2016. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pusataka Belajar

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Ibad, T. N., Anugrah, Y. D. Y., Masyhuri, M., Maya, I. A., Mujib, A., & Qomaria, L. (2024). Peningkatkan Nilai Pendidikan dan Daya Tarik Wisata Sungai Ilmu Tumpak Selo Desa Petahunan Lumajang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 97–112. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3262

Issue

Section

Articles