Implementasi Maqashid Syariah dalam Koperasi Syariah

Authors

  • Zainil Ghulam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Keywords:

Maqashid Syariah, Koperasi Islam

Abstract

Mewujudkan kemaslahatan adalah kata kunci bagi manusia dalam merealisasikan kebaikan itu sendiri. Karena prinsip kemaslahatan adalah pangkal konsep  tujuan syariah (maqashid syariah). Adapun pijakan kemaslahatan bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadits yang kemudian dari keduanya manusia berijtihad untuk menentukan kemaslahatan yang diidealisasikan dalam hidup dan kehidupannya. Wacana konsep maqashid syariah awal-awalnya adalah sub topik tersendiri dalam disiplin ilmu Ushul Fiqh. Geliat Ekonomi Islam di Indonesia dalam lima belas tahun terakhir ini, mengalami perkembangan signifikan baik dalam tataran teori dan praktik. euforia terma ekonomi Islam, hanya dibarengi dengan bermunculnya lembaga-lembaga keuangan Syariah saja. Hal ini adalah sebuah ironi. Salah satu bentuk kerjasama ekonomi yang paling cocok untuk memberdayakan rakyat kecil adalah koperasi. Karena di dalam koperasi dapat ditemukan prinsip dan nilai-nilai kebersamaan, gotong royong dan kesejahteraan bersama. Bung Hatta memberikan perhatian khusus terhadap koperasi sebagai kerjasama ekonomi yang ideal. Karena koperasi adalah lembaga strategis dan menjadi “senjata persekutuan bagi si lemah untuk mempertahankan hidupnya”. Dalam Islam, koperasi termasuk kategori Syirkah/Syarikahi, dan di Indonesia dilabeli dengan nama Koperasi Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Firdaus, 2008, Maqâshid Al-Syarî’ah Imâm Al-Syâthibiy dan Relevansinya Dengan Pembaruan Hukum Islam Di Indonesia, Malang, Skripsi UIN.

al-Asqalany , Ibnu Hajar, t.th., Bulughul Maram, Semarang, Toha Putra.

al-Badawiy, Yusuf Muhammad, t.th., Maqashid al-Syariah ‘Inda Ibn Taimiyah, Yordania, Dar al-Nafais.

al-Hasan, Khalîfat Bâ Bikr, 2000, Falsafat Maqâshid al-Tasyrî’ fî al-Fiqh al-Islâmiy, Kairo, Maktabat Wahbah.

al-Qazwini, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Yazid, t.th., Sunan Ibn Majah, Beirut, Dar al-Fikr.

al-Syâthibiy , Abû Ishâq Ibrâhîm ibn Mûsâ al-Lakhmiy al-Gharnâthiy, t.th, al-Muwâfaqât fî Ushûl al-Ahkâm, t.t., Dâr al-Rasyâd al-Hadîtsah.

al-Zuhaili, Wahbah, 1989, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, Damaskus, Dar al-Fikr.

Antonio, Muhammad Syafii, 2014, Dalam kata pengantar buku, Maqashid Syariah dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta Smart WR.

Buchori, Nur S., 2009, Koperasi Syariah, Sidoarjo, Mashun.

Djuwaini, Dimayuddin, 2010, Fiqh Muamalat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Hatta, Mohhamad, Beberapa Fasal Ekonomi; Djalan Ke Ekonomi dan Pembangunan, 1960, Djakarta, Dinas Penerbitan Balai Pustaka, Tjetakan keenam.

Ismail, Nurizal, 2014, Maqashid Syariah dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta, Smart WR.

Jauhar, Ahmad al-Mursi Husain, 2009, Maqashid Syariah, Jakarta, AMZAH.

Munawwir, A.W., 1984, Kamus al-Munawwir, Yogyakarta, Pustaka Prgresif.

Suaedy, Ahmad dan Amirudin ar-Rany, 2004, Dekonstruksi Syari’ah, Wacana Kebebasan Sipil, Hak Asasi Manusia, dan Hubungan Internasional dalam Islam, Yogyakarta, LkiS.

Suhendi, H. Hendi, 2014, Fiqh Muamalah, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Swasomo, Sri-Edi, 2010, dalam kata pengantar: Anwar Abbas, Bung Hatta dan Ekonomi Islam, Jakrta, PT Kompas Media Nusantara.

Syafei, H. Rachmat, 2001, Fiqh Muamalah, Bandung, Pustaka Setia.

Downloads

Published

2016-04-10

How to Cite

Ghulam, Zainil. “Implementasi Maqashid Syariah Dalam Koperasi Syariah”. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam 5, no. 1 (April 10, 2016): 90–112. Accessed May 19, 2024. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/85.

Issue

Section

Artikel