Pelatihan Strategi Komunikasi di Masa Pandemi Bagi Pengurus Bank Sampah Hidup Sejahtera untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Menabung Sampah di Kelurahan Pagesangan
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1503Keywords:
Bank Sampah Unit, Pelatihan, Strategi KomunikasiAbstract
Bank sampah “Hidup Sejahtera†merupakan bank sampah kelompok atau unit yang bekerjasama dengan Bank Sampah Induk Surabaya. Bank sampah “Hidup Sejahtera†berdiri dengan tujuan untuk mengajak warga memilah dan menabung sampah khususnya di Desa Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Untuk itu pengurus bank sampah “Hidup Sejahtera†harus mampu menarik minat warga dengan menggunakan strategi tertentu. Tim pengabdi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi pengurus bank sampah tentang strategi komunikasi yang akan diterapkan guna menarik minat warga agar lebih banyak nasabah yang bergabung di bank sampah “Hidup Sejahteraâ€. Sebelum melakukan pelatihan kepada pengurus bank sampah tim pengabdi melakukan observasi dan wawancara dengan pengurus bank sampah. Hal ini dilakukan untuk menggali data dan hal-hal yang menjadi kendala bagi pengurus Bank Sampah “Hidup Sejahtera.†Setelah melakukan observasi tim pengabdi membuat rancangan dan melakukan pemaparan materi terkait pengertian strategi komunikasi, pentingnya menggunakan strategi komunikasi, model strategi AIDDA, dan pengenalan media sebagai alat sosialisasi. Pelatihan ini diikuti oleh pengurus Bank Sampah “Hidup Sejahtera†berjumlah 12 orang.