Pelatihan Penyusunan Naskah dan Komunikasi Khutbah Jum’at bagi Pemuda Muhammadiyah

Authors

  • Gigih Setianto Universitas Muhammadiyah Pekajangan - Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i1.1487

Keywords:

Pelatihan, Naskah, Komunikasi, Khutbah, Pemuda

Abstract

Muhammadiyah adalah organisasi masyarakat Islam yang program kerjanya tidak terlepas dari program kerja dakwah Islam dengan ciri amar makruf nahi mungkar. Julukan ini tentu tidak datang dari dalam Muhammadiyah, melainkan dari para pengamat dan pemerhati Muhammadiyah. Diantara indikator organisasi pembaharu, menurut mereka, adalah karena organisasi ini berusaha untuk merujuk secara langsung kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah (Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2006) Ketika Muhammadiyah didirikan tahun 1912 atau sejak Majlis tarjih dibentuk pada tahun 1928, persoalan yang dihadapinya relatif sangat sederhana dan kelihatannya tidak beranjak dari pemurnian aqidah dan ibadah atau dalam masalah-masalah khilafiyah. Itulah sebabnya, majlis ini diberi nama Majlis Tarjih (Kasman, 2013). Tetapi dalam perkembangannya sampai saat ini, persoalan – persoalan baru muncul kepermukaan dan menuntut direspon oleh Muhammadiyah. Tentu, seiring dengan beragam persoalan kontemporer, salah satu yang menjadi penguatan adalah persoalan imam dan khotib sholat jumat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yusuf Zainal. Pengantar Retorika. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Husein, Amrulloh. “Dakwah Kultural Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam.” At Thoriq 1 (June 2017).

Nasir, Haidar. Materi Induk Perkaderan Muhammadiyah. Yogyakarta: Badan Pendidikan Kader PP Muhammadiyah, 1994.

Nasir, Tohir M. Dakwah Dan Pemikirannya. Jakarta: Gema Insani, 1999.

Pohan, Selamat. “Pelatihan Fardhu Kifayah Dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai Di Kota Medan.” Jurnal Prodikmas 2, no. 2 (n.d.): 2018.

Rousydi, TA Latif. Dasar Dasar Retorika Komunikasi Dan Informasi. Medan, 2005.

Samsuri, Sidiq. Dakwah Dan Teknik Berkhutbah. Jakarta: Al Maarif, 1981.

Suyuti, Ahmad. Jadilah Khotib Yang Kreatif Dan Simpatik. Jakarta: Pustaka Amani, 1995.

Taufiqurrahman. “PELATIHAN KHATIB DAN BILAL BAGI REMAJA DI KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG.” http://stairakha-amuntai.ac.id/article-detail.cfm?id=170.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Setianto, G. (2022). Pelatihan Penyusunan Naskah dan Komunikasi Khutbah Jum’at bagi Pemuda Muhammadiyah. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i1.1487

Issue

Section

Articles