Pendampingan Penyembuhan Penyakit Pentol (Tumor) Sengon kepada Petani sebagai Solusi Kesejahteraan Masyarakat di Desa Bedayu Kecamatan Senduro Lumajang

  • Abdul Ghofur Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Abstrak: penyakit pentol (tumor) sengon adalah penyakit yang berasal dari Jamur Urumycladium. Penyakit ini mampu memusnahkan tanaman yang di serangnya dalam jangka waktu singkat. Menurut keterangan warga, penyakit ini menyerang batang bahkan pucuk tanaman sengon kemudian hasil serangannya membuat tanaman terhambat pertumbuhannya bahkan sampai mati. Menurut ahlinya salah satu penyebab berkembangnya jamur ini adalah kotoran kambing yang belum di olah, padahal dalam prakteknya masyarakat juga membuang kotoran kambing ke lahan sekitar tanaman sengon yang mereka percayai untuk dijadikan pupuk. Penyakit ini telah lama menyerang tanaman namun tak seorang pun dari masyarakat yang mengetahui pengendaliannya secara ilmiah, masyarakat hanya melakukan uji coba tanpa berbuah hasil yang nyata. Kemudian fasilitator berperan sebagai fasilitator berupaya menghadirkan narasumber yang ahli untuk memberikan pendidikan tentang pengendalian penyakit yang sedang menyerang tanaman petani selama ini. Dengan adanya bimbingan tersebut, para petani mulai mengetahui tentang penanganan yang tepat dalam mengendalikan serangan penyakit tersebut. Narasumber dan fasilitator juga memberi dampingan pembuatan pupuk organik kepada masyarakat supaya penyakit ini tidak berkembangbiak karena kotoran kambing. Pengendalian penyakit ini harus dilakukan secara berkelanjutan, mengingat penyakit tersebut telah menyerang hampir seluruh tanaman pohon sengon. Sehingga disamping diperlukan pengendalian lanjutan, demikian pula kesemangatan petani untuk terus menggali informasi kepada orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya dan mempertahankan apa yang telah diraih saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-15
How to Cite
GHOFUR, Abdul. Pendampingan Penyembuhan Penyakit Pentol (Tumor) Sengon kepada Petani sebagai Solusi Kesejahteraan Masyarakat di Desa Bedayu Kecamatan Senduro Lumajang. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 16-29, nov. 2020. ISSN 2776-8813. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/995>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles