Problematika Sampah dan Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan di Dusun Krajan Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

  • Achmad Ariffulin Nuha Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Kebersihan lingkungan merupakan konsep masyarat sehat dan ligkungan indah. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik dan benar, mengingat kesehatan bagi masyarakat dan keindahan bagi lingkungan dan kehidupan mahluk hidup lainnya. Meskipun sejak dulu telah mengenal slogan kebersihan sumber kesehatan namun penerapan slogan tersebut tampaknya belum ditafsirkan dalam arti luas karena sebagian masyarakat menafsirkannya secara pragmatis, hanya mencakup diri sendiri atau dengan keluarganya, belum mencakup lingkungan hidupnya. Maksud dan tujuan dilakukan pengabdian pendampingan masyarakat ini adalah agar masyarakat mengetahui penanggulangan pembuangan sampah secara baik dan benar sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan menjadi lingkungan percontohan baik di desa Randuagung secara khusus dan desa lain yang menginginkan lingkungannya yang baik dan bersih. Salah satu dampak penyakit yang biasa banyak timbul dari lingkungan yang tidak sehat yaitu sebagai berikut: sampah yang berserakan dan menumpuk dapat menimbulkan bau tidak sedap dan banjir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-15
How to Cite
NUHA, Achmad Ariffulin. Problematika Sampah dan Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan di Dusun Krajan Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-9, may 2021. ISSN 2776-8813. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1011>. Date accessed: 18 sep. 2021.
Section
Articles