Pendampingan Penguatan Nilai Karakter Religius Pada Anak Melalui Kegiatan Bercerita di MIN 6 Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v4i1.2553Keywords:
Penanaman Nilai, Karakter Religius, BerceritaAbstract
Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan fakta umum bahwa terdapat hal yang mengkhawatirkan dari karakter siswa yang menunjukan tren menurun. Pengabdian dilaksanakan di MIN 6 Cilacap dengan target peserta pengabdian kelas 4. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak pentingnya karakter, terlebih karakter religius, serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, braind storming dan analisis nilai cerita. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan hasil yang positif dan memuaskan, dimana peserta didik kelas 4 MIN 6 Cilacap menunjukan respon positif selama pendampingan dan mampu menunju kan perilaku-perilaku terpuji yang berbasis kepada suri tauladan Nabi Muhammad SAW. Pihak sekolah juga turut mengapresiasi kegiatan pendampingan, mereka menyampaikan terbantu dalam implementasi peningkatan pendidikan karakter religious di sekolah mereka, serta mengharapkan ada kegiatan-kegiatan serupa kedepannya.
Downloads
References
Andayanti, Abdul Majid dan Dian. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Asnani, Mislia, Susiana. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja.” Jurnal Mappesona 3, no. 2 (2020).
Dadan Samara, Sahadi Humaeni, Melliany Budiarto Santoso. “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” Jurnal Penelitian & PPM 4, no. 2 (2017): 129–389.
Hana Oktaviani, Riki Fitriansyah. “Observasi, 6 Juli 2023.” Cilacap, 2023.
Hasim, Gusboy, Mohammad Fawaid, dan Syamsul Arifin, “Implementasi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Al Fattah Karangsari Sukodono”, Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research 1, no. 1 (April, 2023): 10–33. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2603.
Istighfaroh, Melia. “Kecamatan Cipari, Kabupaten CilacapKecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap.” Tribun News, 2020. https://www.tribunnewswiki.com/2020/12/09/kecamatan-cipari-kabupaten-cilacap.
Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat. “The Role of Peers in the Character Building of the Students Of.” IAIN Tulungagung, 2020, 1–12.
Manumoyoso, Ambrosius Harto. “Anak Surabaya Masih Terlibat Tawuran Dan Balapan Ilegal.” Kompas id, 2023. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/02/01/anak-surabaya-masih-terlibat-tawuran-dan-balapan-ilegal.
Munita, Rerika, Lili Maysaroh, and Siti Tiara Maulia. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja.” Adiba: Journal of Education 3, no. 3 (2023): 366–74.
Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (August, 2014): 66–98. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/55.
Putri, Bella Jufita PutriBella Jufita. “Anak Bandel Di Sekolah, Akibat Meniru Kelakuan Orangtua.” Liputan 6, 2017. https://www.liputan6.com/health/read/2895786/anak-bandel-di-sekolah-akibat-meniru-kelakuan-orangtua#google_vignette.
Putri, Fitriana Eka, and Sunarso. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Mencegah Dan Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMK Negeri 1 Seyegan.” E-Civics 10, no. 05 (2021): 557–68. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17436%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/download/17436/16815.
Sarno Hanipudin, Lastri Hasanah, Reza Maulana. “Revitalisasi Karakter Peserta Didik Dalam Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari.” Qalam: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021). https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/88.
Yasin, Muhammad Nur, dan Haidar Idris, “Manajemen Pendidikan Karakter Santri Dalam Menjawab Tantangan Modernitas Zaman”, Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research 1, no. 1 (April, 2023): 94–102. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2607.
Zaenabiyah, Nunung. “Dampak Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Daarul Fikri.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 1 (2020): 68. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3724.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarno Hanipudin, Riki Fitriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.