Pendampingan Pengelolaan Suasana Kelas melalui Lomba Menghias untuk Menciptakan Suasana Belajar Kondusif
DOI:
https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3258Keywords:
Pengelolaan suasana kelas, belajar kondusifAbstract
RA Muslimat NU Nurul Hikmah Sumbersuko merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumbersuko. Sudah dua tahun dekorasi dan hiasan ruangan di RA Muslimat NU Nurul Hikmah Sumbersuko belum diganti atau diperbaiki, sehingga banyak yang rusak, rapuh, dan kusam. Suasana ruang kelas demikian tidak cocok dengan anak usia dini yang sangat peka terhadap warna mencolok. Bagi anak kecil, selain sebagai hiasan yang menarik, hiasan dinding juga difungsikan sebagai media belajar untuk lebih mengenal lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Active Research) yang terdiri dari 4 tahapan, yakni to Know, to Understand, to Plan, dan to Action and Reflection. Untuk menyelesaikan masalah, tools yang digunakan adalah pohon masalah dan pohon harapan, serta dilakukan FGD (Focus Group Discussion) untuk memahami permasalahan bersama. Permasalahan utama di RA Muslimat NU Nurul Hikmah Sumbersuko adalah kurangnya waktu, tenaga, dan dana untuk membuat suasana kelas menjadi lebih menarik. Solusi yang digunakan berdasarkan kesepakatan dewan guru dan wali murid adalah dengan mengadakan program menghias kelas yang dibingkai dalam bentuk perlombaan. Dengan kegiatan ini, kesadaran wali murid akan pentingnya mendukung program sekolah semakin meningkat, paguyuban menjadi lebih solid, dan anak-anak menjadi lebih semangat untuk melaksanakan kegiatan belajar di dalam kelas, serta dewan guru juga lebih mudah untuk meyelesaikan permasalahan yang belum terselesaikan karena kurangnya tenaga di sekolah.
Downloads
References
Afriza. 2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Arianti. “Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif”. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 11, No. 1 (Juni, 2017), 43. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzi, Farid dan Sri Rahayu Handayani. “Pendampingan Program Sekolah Siaga Bencanaberbasiskan Masyarakat pada Sekolah Budi Agung Jakarta”. JPMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, Vol. 1, No. 1, (Juni, 2022).
Hadiyanto. 2016. Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Zanafa Publishing.
Muttaqin, Ahmad Ihwanul. Muhammad Abdul Halim, & Haidar Idris, “Partisipasi Perempuan Kepala Keluarga dalam Menciptakan Inklusi Sosial di Desa Pandansari Lumajang”. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2 (Mei, 2023); 169. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i2.2952
Supardi. 2004. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Prinsipnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Widyawati, Santi, Binti Khoiriyah, Dwilita Astuti, Ummi Rosyidah, Siti Qomariyah, Gunawan. “Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berintegrasi Nilai Islam pada Guru MI Miftahul Ulum Tulung Jaya Lampung Timur”. Smart Society: Community Service and Empowerment Journal, Vol. 1, No. 1 (2021): 9-18. DOI: https://doi.org/10.58524/smartsociety.v1i1.26
Wiyani, Novan Ardy. 2019. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syamsul Arifin, Muhammad Abdul Halim Sidiq, Mohammad Darwis, Mohammad Zaini, Nur Laili Abida, Fifi Khofi Maziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.