Telaah Kritis Masalah Ekonomi Perspektif Muhammad Baqir al-Sadr

  • Moh Nurul Qomar Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Abstract

Ilmu ekonomi didefinisikan dengan suatu studi tentang perilaku masyarakat studi tentang perilaku masyarakat dalam menggunakan sumber daya yang terbatas  (scarcity) dalam rangka memproduksi berbagai komoditi untuk kemudian menyalurkan (distribusi) komoditi tersebut kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat


Menurut Murasa sebagaimana dikutip oleh Euis Amalia bahwa ada suatu masalah besar dan sangat mendasar dalam ilmu ekonomi konvensional yang mendominasi kajian bidang ilmu ekonomi kontemporer, yaitu ketidakmampuan ilmu tersebut dalam memecahkan persoalan kebutuhan manusia. Teori-teori yang telah ada , terbukti tidak mampu mewujudkan ekonomi global yang berkeadilan. Yang terjadi justru dikotomi antara kepentingan individu, masyarakat dan Negara.


Penelitian ini tergolong library research (penelitian kepustakaan), di mana beusaha mencari bahan pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Selain itu penelitian ini termasuk penelitian life history (studi tokoh), yaitu pengkajian secara sistematis terhadap pemikiran ekonomi Baqir al-Sadr yang sesuai dengan fokus penelitian.


Baqir al-Sadr menyebut masalah ekonomi di atas bersifat imajiner. Beliau mempunyai pendapat bahwa Allah SWT sebagai pencipta manusia mengetahui kebutuhan manusia sehingga Allah SWT telah menyediakan ketersediaan kebutuhan manusia, sehingga bukan ketersediaan sumber daya alam yang menjadi malah utama ekonomi, tetapi manusia yang menyebabkan masalah ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-10
How to Cite
QOMAR, Moh Nurul. Telaah Kritis Masalah Ekonomi Perspektif Muhammad Baqir al-Sadr. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-14, apr. 2016. ISSN 2443-0056. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/80>. Date accessed: 20 may 2022.
Section
Artikel

Keywords

Baqir al-Sadr, scarcity, masalah ekonomi