Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor)

Authors

  • Habibah Habibah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ikhwan Hamdani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

Keywords:

brand image, celebrity endorser, purchase decision

Abstract

The more advanced development of science and technology makes every cosmetic company to create a good brand image so it can provide the attraction of purchasing decision through the use of celebrity endorsers. This article aims to determine the effect of brand image and celebrity endorser on the purchasing decision of wardah cosmetic (based on the study of Muslimah in Bogor). The population in this article is muslimah in Bogor who have bought and used wardah cosmetic, and 100 muslimah as the sample. The sampling technique used is non-probability sampling. The data used in this article are primary and secondary data. The data analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis using the SPSS 16 program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya (Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 1-8, 2008, Pustaka Imam Asy- Syafii).

Alfiyah Nuraini, Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang, Universitas Negeri Semarang, Tidak diterbitkan, 2015.

Bakar, Abu. Diktat Kuliah Statistika Ekonomi dan Bisnis 1, Bogor 2015.

Bakar, Abu, Diktat Kuliah Statistika Ekonomi Dan Bisnis 2 Dilengkapi Soal-Soal, Program Studi Ekonomi Syariah FAI UIKA Bogor, 2015

Fahri, Husni. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Mandiri Cabang Bogor. Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia. 2008.

Geonadhi, Lydia. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam keputusan Pembelian Mobil Avanza di Kota Banjarmasin”, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. XII, No.2, Oktober 2011.

Hasan, Ali. MARKETING, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Media Pressindo, 2008.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran (ninth ed.) (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (tenth ed.), Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, 2004.

Kotler, Philip dan Nancy Lee. Pemasaran di Sektor Publik, Jakarta: Indeks, 2007.

Morissan, (Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu), Jakarta: Kencana, 2010.

Perengkuan dkk, “Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders di 24 Mart Manado”, Jurnal EMBA, Vol.II, No. 3, November 2014, h. 1686-1814.

Pfannerstill, Antonio. Faktor-Faktor Pembentuk Brand Image melalui https://text- id.123dok.com/document/lzgr79w7q-faktor-faktor-pembentuk-brand- image.html diakses pada 6 Februari 2018.

Schiffman, Leon G dan Leslie L. Kanuk. Perilaku Konsumen (seventh ed.), Jakarta: Indeks, 20014.

Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Sudaryono, Aplikasi Statistika Untuk Penelitian, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2014.

Stanton, J., William, Walker B.J., dan Etzel, M.J. (2004). Marketing. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tanjung, Hendri dan Abrista Devi. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Bekasi: Gramata publishing, 2013.

Terence, Shimp. Periklanan Promosi, Jakarta: Erlangga 2003.

Umar, Husein. Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002

Widyaningrum, Premi Wahyu, “Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Kosnsumen Wardah di Ponorogo)”, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. VI, No. 2, Desember 2016.

Wiratna, Sujarweni. Metodologi Penelitian Ekonomi Bisnis,Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

Zulhanief Matsani, Ekonomi Syariah dan Peran Muslimah melalui https://www.kompasiana.com/zoelzul/54feceeaa3331835a50f824/menungg u-peran-muslimah-dalam- pngembangan-ekonomi-syarah-indonesia. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Habibah, Habibah, Ikhwan Hamdani, and Santi Lisnawati. “Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Perempuan Muslim Di Kota Bogor)”. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam 7, no. 2 (October 1, 2018): 233–261. Accessed May 20, 2024. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/233.

Issue

Section

Artikel