MANAJEMEN TEAM TEACHING MATA KULIAH KEPRAMUKAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR ISLAM

  • Rustam Supriyanto Pusdiklatcab Satria Guna Kwarcab Probolinggo, Indonesia
  • Farhan Farhan Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia

Abstract

Artikel ini menjelaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam manajemen team teaching antara dosen dan pelatih Pramuka mewujudkan ketercapaian ketuntasan pembelajaran kepramukaan pada program studi pendidikan dasar Islam. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan konseptual. Pemilihan dan pemilahan data yang relevan dilakukan untuk kemudian di analisis secara deskriptif kualitatif. Rumusan penelitian adalah bagaimana manajemen team teaching mata kuliah kepramukaan program studi pendidikan dasar Islam? Hasil penelitian menyatakan: pertama; team teaching dimulai dan atas dasar adanya MoU program studi atau fakultas dengan pelatih pembina pramuka. Kedua; team teaching kepramukaan berkolaborasi secara berkelanjutan dalam pelaksanaan atau pendidikan kursus mahir dasar dan lanjutan. Ketiga; team teaching penguatan peran pusdiklat dan puslitbang dalam penelitian-publikasi dan pengabdian masyarakat bidang kepramukaan. Keempat; team teaching dalam penilaian pendistribusian mahasiswa pembina Pramuka bagi golongan siaga dan penggalang sebagai uji kompetensi calon guru profesional secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-19
How to Cite
SUPRIYANTO, Rustam; FARHAN, Farhan. MANAJEMEN TEAM TEACHING MATA KULIAH KEPRAMUKAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR ISLAM. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 1-16, mar. 2020. ISSN 2715-0232. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/514>. Date accessed: 31 may 2020. doi: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.514.
Section
Articles