Refleksi Kritis Pancasila dalam Idealitas dan Realitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Taqwa Nur Ibad Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Agus Riyan Oktori Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i2.2623

Keywords:

Pancasila, Philosophy of Education, Archipelago, Basic education, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

This research aims to reveal in detail how Pancasila is used as the basis of Indonesian philosophy. Researchers studied two main studies, namely Pancasila which is understood in the context of ideals and realities of life, especially in basic education (Madrasah Ibtidaiyah). This research method uses a qualitative descriptive method with a type of library research using a pragmatic approach. Research data is taken from scientific work related to research. The analysis technique in this research uses content analysis. The results of the research show that there is a Project Movement for Strengthening the Pancasila Student Profile / Project for Strengthening Pancasila Students (P5) and the Rahmatan Lil 'Alamin Student Profile which is a unified spirit that mutually strengthens each other. Both adhere to the Pancasila philosophy and uphold diversity and human values. However, these ideals are not commensurate with the existing reality, so that the Pancasila philosophy in basic education has several challenges, including liberalism, individualism, pragmatism, hedonism and external religious ideologies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Nur Fatah, ‘Pancasila Sebagai The Living Values Dalam Pengalaman Sejarah Kebangsaan Indonesia’, Candi: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Sejarah, 20.1 (2010)

Adha, Muhammad Mona, and Erwin Susanto, ‘Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia’, Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 5.1 (2020)

Adinugraha, Hendri Hermawan, and Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i, ‘Memahami Studi Islam Dengan Pendekatan Tekstual Dan Kontekstual’, Jurnal Pemikiran Konstruktif Bidang Filsafat Dan Dakwah, 17.1 (2020)

Alifi, Aniq, ‘Proyeksi Metode Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Melalui Sekolah Tomoe’, Jurnal Elementary, 4.1 (2018)

Asmoroini, Ambirop Puji, ‘Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi’, Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2.1 (2017)

Chalik, Abdul, Islam, Negara Dan Masa Depan Ideologi Politik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)

Elly Manizar, ‘Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar’, Jurnal Tadrib, 6.1 (2015)

Handiyta, Binov, ‘Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia’, Adil: Jurnal Ilmiah Bidang Hukum, 2.1 (2019)

Husain, Rusmin, ‘Penerapan Model Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, in Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana (Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2020)

Hutasoit, Jonatan, ‘Pragmitisme Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga’, Jurnal Pedagogik Olahraga, 9.1 (2023)

Iskandar, ‘Dakwah Dan Individualisme, Materialisme Dan Hedonisme’, Jurnal Dakwah Tabligh, 13.1 (2012)

Jannah, Raihatul, ‘Bentuk-Bentuk Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry’ (UIN Ar-Raniry Makasar, 2021)

Kartini, Dewi, and Dinie Anggraeni Dewi, ‘Implementasi Pancasila Dalam Pendidikan Sekolah Dasar’, EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3.1 (2021)

Kemenag RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019)

KemenagRI, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (Jakarta, 2022)

Kemendikbudristek, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Jakarta, 2022)

Kemenristekdikti, ‘Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila’ (Indonesia, 2016)

Kusumastuti, Eny, ‘Liberalisme Dalam Dunia Pendidikan’, Www.Academia.Edu, 2019

Latifah, Nur, ‘Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka)’, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6.1 (2021)

Mahmudah, Husnatul, ‘Transmisi Ideologi Fundamentalisme Dalam Pendidikan’, Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 1.2 (2017)

Murniyati, Ali Imran, and Maemonah, ‘Solusi Problem Pengembangan Potensi Diri Mahasiswa Di Masa Pandemi (Analisis Teori Double Movement Fazlur Rahman)’, Jurnal Paris Langkis, 2.1 (2021)

Nabila, ‘Tujuan Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 5.2 (2021)

Newell, Peter E., Komunisme Primitif Hingga Komunisme Libertarian (Jakarta: Daun Malam, 2017)

Nur, Askar, ‘Kapitalisme Pendidikan Dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia’, Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3.1 (2022)

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah, ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototype Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar’, Jurnal BasicEdu, 6.3 (2022)

Revalina, Atiqah, Isnarmi Moeis, and Junaidi Indrawadi, ‘Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8.1 (2023)

Ridwan, MK, ‘Penafsiran Pancasila Dalam Perspektif Islam: Peta Konsep Integrasi’, DIALOGIA: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 15.2 (2017)

Siswoyo, Dwi, ‘Pandangan Bung Karno Tentang Pancasila Dan Pendidikan’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 13.1 (2013)

Suparjan, Edy, Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa (Yogyakarta: Deepublish, 2019)

Suryani, Neni, Ilim Abdul Halim, and Dadang Darmawan, ‘Menuntut Ilmu Sebagai Penghapus Dosa-Dosan Masa Lalu: Studi Hadis’, in The 2nd Conference on Ushuluddin Studies (Cirebon: UIN Sunan Gunung Jati, 2022)

TimDetikJateng, ‘Motif Bullying Di Cilacap Hingga 2 Pelaku Jadi Tersangka’, Detik News, 2023

Triyadi, Muhammad Yogi, Widia Anggelina, and Masduki, ‘Pancasila as a Development Paradigm’, Journal of Information Systems and Managemen (JISMA), 6.1 (2022)

Wijaya, Arif, ‘Kedudukan Norma Hukum Dan Agama Dalam Suatu Tata Masyarakat Pancasila’, Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 11.2 (2016)

Yosada, Kardius Richi, and Agusta Kurniati, ‘Menciptakan Sekolah Ramah Anak’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5.2 (2019)

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Ichsan, A. S., Ibad, T. N., & Oktori, A. R. (2023). Refleksi Kritis Pancasila dalam Idealitas dan Realitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(2), 143–157. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i2.2623

Issue

Section

Articles