Budaya Religius dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Munif Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Nur Aisyah Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Liza Umami Universitas Nurul Jadid Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v7i1.2571

Keywords:

Religious Culture, Muslim Personality, Students

Abstract

Students need to be indoctrinated with the importance of having a decent Muslim personality. The Muslim personality is characterised by beliefs, attitudes, choices, and behaviours that are grounded in Islamic principles. As such, developing this personality requires more than simply education—it also requires modelling and habituation. Thus, the purpose of this research is to investigate and explain how Islamic culture shapes the Muslim personalities of MTsN 1 Probolinggo pupils. A qualitative descriptive methodology, akin to a case study, was used to collect the data. Data collection methods included documentation, observation, and interviews. Data reduction, display, and conclusion-drawing were used in the analytical process.  The study's findings demonstrate that MTsN 1 Probolinggo implements religious culture in a number of ways, including communal prayer, Al-Qur'an coaching, infaq, tahlil, istighasah, and environmental care

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Aisya, ‘Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7.2 (2022), 278–96

Anak Maxwell, Melvin, and Shahlan Surat, ‘Pengaruh Latar Belakang Keluarga Dan Pencapaian Akademik Pelajar Di SMK Bau’, Jurnal Dunia Pendidikan, 2.1 (2020), 227–33

Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani, ‘Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif’, Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2023), 1–9 <https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57>

Atikah, Tia, ‘Pembinaan Kepribadian Muslim Menurut Muhammad Iqbal Dan Aplikasinya Di Indonesia’ (Universitas Islam Negeri" SMH" Banten, 2018)

Fathurrohman, Muhammad, ‘Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4.1 (2016), 19–42

Haryono, Muhammad, ‘Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Aktivitas Keagamaan Pada Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan’ (IAIN Metro, 2019)

Imamah, Yuli Habibatul, Etika Pujianti, and Dede Apriansyah, ‘Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021)

Indriana, Dina, and Nasiroh Muhabah, ‘Konsep Islam Tentang Kepribadian Muslim’, in Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 2023, pp. 19–26

Mansyuriadi, M Irwan, ‘Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik’, PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4.1 (2022), 14–22

Nurdiana, Andartik, ‘Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kleas VII Melalui Budaya Religius Di MTs Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021`’, Skripsi, 2022, 103

Nurfalah, Yasin, ‘Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Terhadap Anak Didik’, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29.1 (2018), 85–99

Pratama, Dian Arif Noor, ‘Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim’, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.1 (2019), 198–226

Rahmat, Pupu Saeful, Psikologi Pendidikan (Bumi Aksara, 2021)

Sari, Mustika, ‘Implementasi Budaya Religius Untuk Pengembangan Sikap Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso’, 4.1 (2020), 70–166

Sunarso, Ali, ‘Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius’, Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10.2 (2020), 155–69

Syafaat, Imron Nur, and Moch Shohib, ‘Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Dalam Idatun Nasyi’in Terhadap Generasi Milenial’, At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 7.2 (2021), 92–114

Tajudin, Ahmad, and Andika Aprilianto, ‘Strategi Kepala Madrasah..Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik’, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2020), 101–10 <https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34>

Waruwu, Marinu, ‘Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)’, Jurnal Pendidikan Tambusai , 7.1 (2023), 2896–2910

Yudha, Kusuma, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Proses Internalisasi Nilai Budaya Religius Di SMP Negeri 2 Sleman’

Zakiyah, Nurotuz. Hanif Muhammad. A’yun Qurroti, ‘Implementasi Budaya Religius Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang’, Jurnal Pendidikan Islam, 8.8 (2023)

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Munif, M., Aisyah, N., & Umami, L. (2024). Budaya Religius dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 7(1), 62–77. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v7i1.2571

Issue

Section

Articles