Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun dan Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan dI Indonesia

  • Shirley Khumaidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Rachma Nika Hidayati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Ibnu Khaldun dan al-Ghazali adalah dua pemikir Islam yang sangat masyhur dikalangan masyarakat luas, dari pemikir muslim sampai non muslim. Pemikiran Ibnu Khaldun yang tertuang dalam kitabnya, yaitu Muqaddimah banyak menjadi referensi orang-orang dalam menetapkan sistem pendidikan Islam yang ideal. Corak pemikirannya yang mengalami percampuran antara al-Ghazali dan Ibnu Rusyd membuatnya mempunyai pemikiran baru yaitu rasionalisti-sufistik. Dalam pemikiran tersebut Ibnu Khaldun secara proporsional mendudukan wahyu sama atau setara dengan rasio. Kemudian, pemikiran-pemikiran al-Ghazali yang telah dituangkan di setiap karyanya, membuat banyak pemikir lainnya baik muslim maupun non muslim menjadikannya rujukan dan juga menerjemahkan karyanya dalam bahasa mereka. Corak pemikirannya yang berupa sufistik banyak mempengaruhi karya-karyanya juga mempengaruhi pemikirannya tentang pendidikan yang ideal menurutnya. Kedua pemikiran tokoh tersebut jika dikaitkan dengan pendidikan Islam di Indonesia baik di madrasah-madrasah negeri ataupun di pondok pesantren masih memiliki kesesuaian serta hubungan. Hal tersebut dikarenakan para guru-guru atau kyai di Indonesia juga menggunakan dasar pemikiran dua tokoh tersebut dalam mendidik murid atau santrinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali. 2005. Ihya Ulumuddin. Jilid 1. Beirut: Dar Ibnu Hazm.
Ali, A. Mukti. 1970. Ibnu Khaldun Dan Asal-Usul Sosiologinya. Yogyakarta: Yayasan Nida.
al-Rasyid, and Samsul Nizar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Al-Syaibani, and Omar Muhammad Al-Toumy. 1979. Filsafat Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
Arifin, Muzayyin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
At-Toumy. 1989. Manusia Dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Pustaka al-Husna.
Djalaludin, and Usman Said. 1994. FIlsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja GRafindo Persada.
Fanani, Zainuddin. 2010. Pedoman Pendidikan Modern. Jakarta: Arya Surya Perdana.
Ghazali, Abd. Moqsith. “Corak Tasawuf Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Konteks Sekarang.” al-Tahrir vol 13, no. 1 (May 2013).
Hasyim, Hafidz. 2012. Watak Peradaban Dalam Epistemologi Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hidayat, Yayat. “Pendidikan Dalam Prespektif Ibnu Khaldun.” STITNU al-Farabi Pangandaran (n.d.).
Juwariyah. “Ibnu Khaldun Dan Pemikirannya Tentang Filsafat Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Islam Vol 4, No. 1 (2008).
Khaldun. 1993. Abdurrahman Ibnu. Muqaddimah Ibn Khaldun. Beirut: Dar Al-Kitab Al-Ilmiyah.
Khaldun. 1986. Ibnu. Muqaddimah, Terj. Akhmad Thoha. Cet II. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Kosim, Muhammad. 2012. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun; Kritis, Humanis Dan Religius. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Arifin. 1991. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Maksum, Ali, and Luluk Ruhendi. Paradigm Pendidikan Universal Di Era Modern Dan Post Modern, Mencari “Visi Baru” Atas “Realitas Baru” Pendidikan Kita. Yogyakarta: Ircisod, 2004.
Mufid, Ahmad Irfan, and Suwidi. “Mengungkap Politik Kekuasaan Dalam Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia Melalui Kajian Historis.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam Vol 9, no. No 1 (February 2016).
Muhayan, Mujahidin. 2010. Jalan Menuju Penyucian Jiwa Terj. Ihya’ Ulumuddin. Cet II. Jakarta: Pene Pundi Aksara.
Nahrowi, Moh. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” Jurnal Falasifa Vol 9, no. No 2 (September 2018).
Nasrowi, Bagas Mukti. “Konsep Pendidikan Islam Prespektif Kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No. 2 (December 2017).
Nasution, Harun. 1978. Falsafat Dan Mistisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nata, Abuddin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Raja GRafindo Persada.
———. 2003. Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Islam. Jakarta: PT. Raja GRafindo Persada.
Qoyum, Abdul. 1985. Surat-Surat al-Ghazali Terj. Haidar Baqir. Bandung: Mizan.
Ramayulis, and Samsul Nizar. 2011. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Dan Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohmah, Siti. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern.” Forum Tarbiyah Vol. 10, No. 2 (December 2012).
Sulaiman, fathiyyah Hasan. 1987. Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu Dan Pendidikan, Terj. Herry Noer Ali. Bandung: CV. Diponegoro.
Syafe’i, Imam. 1992. Konsep Guru Menurut Al-Ghazali. Cet ke-10. Yogyakarta: Duta Pustaka.
Syar’i, Ahmad. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wafi, Ali Abdul Wahid. 1985. Ibnu Khaldun Riwayat Dan Karyanya. Jakarta: Grafiti Press1.
Wajdi, Muh. Barid Nuzaruddin. “Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah.” Jurnal Lentera Vol 1, No. 2 (September 2015).
Published
2021-08-15
How to Cite
KHUMAIDAH, Shirley; HIDAYATI, Rachma Nika. Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun dan Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan dI Indonesia. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 212-252, aug. 2021. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/861>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.861.
Section
Article