HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DI TINJAU DARI MANAJEMEN PENDIDIKAN

  • Nurhafid Ishari Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Pada hakikatnya timbulnya madrasah-madrasah di dunia Islam merupakan usaha pengembangan dan penyempurnaan kegiatan proses belajar mengajar dalam upaya untuk menampung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan jumlah pelajar yang semakin meningkat dan bertambah setiap tahun ajaran. Sementara itu, madrasah boleh dikatakan sebagai fenomena baru dari lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia, yang kehadirannya sekitar permulaan abad ke-20. Namun dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajarannya masih belum punya keseragaman antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, terutama sekali menyangkut kurikulum dan rencana pelajaran. Madrasah adalah ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan proses pendidikan Islam. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang tumbuh dan berkembang dari tradisi pendidikan agama dalam masyarakat, memiliki arti penting sehingga keberadaannya terus diperjuangkan. Lembaga Pendidikan Agama Islam pertama didirikan di Indonesia adalah dalam bentuk pesantren. Dengan karaktemya yang khas "religius oriented", pesantren telah mampu meletakkan dasar-dasar pendidikan keagamaan yang kuat. Para santri tidak hanya dibekali pemahaman tentang ajaran Islam tetapi juga kemampuan untuk menyebarkan dan mempertahankan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-15
How to Cite
ISHARI, Nurhafid. HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DI TINJAU DARI MANAJEMEN PENDIDIKAN. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 88-106, feb. 2014. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/69>. Date accessed: 29 nov. 2021.

Keywords

Hakikat, Perkembangan pendidikan Islam, Madrasah

Most read articles by the same author(s)