PENDIDIKAN DALAM AL-QUR'AN: Pemahaman Mengenai Tarbiyyah dalam Qashash Al-Qur'an

  • Haidar Idris Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang memiliki potensi dasar untuk selalu ingin tahu. Hal ini merupakan keniscayaan, karena manusia diberi akal untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu.
Akal merupakan potensi besar yang diberikan Allah SWT. kepada manusia yang menjadikannya mahluk yang sempurna. 
Oleh sebab itu, di samping sudah tabiat manusia yang selalu ingin tahu, Allah juga memerintahkan manusia untuk selalu menggunakan akalnya dengan mempelajari apa yang bisa dijangkau olehnya. Kewajiban belajar manusia adalah sepanjang hidupnya, bahkan semenjak manusia pertama kali diciptakan.
Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan kepada manusia untuk dipelajari kandungan isinya. Ayat-ayatnya yang mencakup berbagai dimensi kehidupan tak lepas dari pendidikan yang ditanamkan dalam prosesnya. Pendidikan dalam al-Qur'an dapat diamati mulai dari kisah-kisah yang diceritakan, ayat-ayat yang berkenaan dengan syari'ah dan hukum, dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-15
How to Cite
IDRIS, Haidar. PENDIDIKAN DALAM AL-QUR'AN: Pemahaman Mengenai Tarbiyyah dalam Qashash Al-Qur'an. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 20-28, feb. 2014. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/67>. Date accessed: 30 nov. 2021.

Keywords

Pendidikan, Alqur’an