Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Lokal Masyarakat Adat di Daerah Enklave TNBTS Ranupani Senduro Lumajang

Authors

  • Emha Ainul Fitriah Sekolah Dasar Negeri 05 Pasrujambe Lumajang
  • Ahmad Ihwanul Muttaqin Universitas Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3440

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Lokal, Masyarakat Adat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pelaksanaan tradisi lokal masyarakat adat di Enklave Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ranupani, Kecamatan Senduro, Lumajang, serta nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dengan desain deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Ranupani memiliki tiga tradisi utama: unan-unan, kasada, dan karo. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi tersebut meliputi penghormatan terhadap leluhur, toleransi, sosial, ekonomi, silaturahmi, dan kepatuhan agama. Implikasi nilai-nilai tersebut mencakup merawat tradisi leluhur, menumbuhkan kepedulian, serta mempererat tali silaturahmi dan harmonisasi kehidupan masyarakat. Penelitian ini memperkaya pemahaman tentang integrasi nilai Islam dalam tradisi lokal masyarakat adat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo J.R. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ainur. Rofiq. “Tradisi Slametan Jawa Dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 15, No. 2 (September, 2019).

Aji, Gunawan Laksono. “Clifford Geertz dan Penelitianya Tentang Agama di Indonesia (Jawa)”, Jurnal Citra Ilmu, Vol. 12, No. 4 (2016).

Ariza, H dan Tamrin, M. I. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal (Benteng di Era Globalisasi)”. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, Vol. 4, No. 2 (2021).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Bambang Sugianto, Wawancara, 6 Maret 2024.

Bawani, Imam. 1998. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-Ikhlas.

CNN Indonesia. Sandiaga Dukung Pemulihan Pariwisata di Desa Wisata Ranu Pani. CNN Indonesia, 19 September 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210919181620-25-696439/sandiaga-dukung-pemulihan-pariwisata-di-desa-wisata-ranu-panidi, diakses Minggu, 11 Februari 2024.

Dalidjo, Nurdiyansah. “Mengenal Siapa Itu Masyarakat Adat”. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, 30 Agustus 2021. Link: https://aman.or.id/news/read/1267 diakses pada 2 Maret 2024.

Daradjat, Zakiah. 1992. Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Daud, Wan Mohd Nor. 1998. Filsafat dan Praktek Pendidikan Islam Syed Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.

Firmansyah, Nurul. “Mengenal Masyarakat Adat”. GeoTimes, 8 Desember 2022. https://geotimes.id/opini/mengenal-masyarakat-adat/ diakses tanggal 2 Maret 2024.

Hadi, Imam Anas. “Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi”. Jurnal Inspirasi, Vol. 1, No. 3 (Januari-Juni 2018).

Hidayah, D, N, A. “Persepsi Masyarakat terhadap Tradisi Makam Satu Suro”, Jurnal Ilmiah IKIP Veteran, (Juli, 2012).

Hidayah, Widha Nur. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kesenian Tari Badui Di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (February 15, 2022): 1–23. DOI: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1155

Hidayat, Rakhmat. 2014. Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: PT Rajagrafindo Press.

Idris, Haidar, and Ahmad Ihwanul Muttaqin. “Rekonstruksi Spirit Harmoni Agama Di Daerah Rawan Konflik Dengan Pendekatan Participatory Action Research”. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (May 15, 2022): 150–167. DOI: https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1707

Ihroni, T.O. 1987. Sejarah dan Pertumbuhan Teori Antropologi Budaya I dan II. Jakarta: P.T. Gramedia.

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi I-II. Jakarta: UI-PRESS.

Langgulung, Hasan. 1991. Kreativitas dan Pendidikan Islam; Analisis Psikologi dan Falsafah. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Makbuloh, Deden. 2011. Pendidikan Agama Islam Arah Baru Pengembangan Ilmu dan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Maslow, Abraham H. 2010. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.

Muchsin B, Sultthon, dan Wahid, A. 2010. Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak. Bandung: Refgika Aditama.

Muhaimin. 2010. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Nabilah. Kominfo Blokir 1,9 Juta Konten Pornografi di Internet RI, Terbanyak dari Website. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/1. Minggu, 11 Februari 2024.

Musyaffa’, M. A., Haris, A. “Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali”. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora. Vol 9 No 1 (April, 2022): 1-15. DOI: https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3033

Nasr, Seyyed Hossein. 1994. Islam di Tengah Kancah Dunia Modern. Bandung: Pustaka, 1994.

Ningsih, Tutuk. “Tradisi Saparan Dalam Budaya Masyarakat Jawa di Lumajang.” IBDA`: Jurnal Kajian Islam dan Budaya 17, no. 1 (2019): 79–93.

Noor, Fu’ad Arif. “Islam dalam Perspektif Pendidikan”. Quality: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No.2 (2015).

Observasi, 2 Maret 2024.

Panjaitan, Ade Putra., dkk. 2014. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Riady, Ahmad Sugeng. “Agama dan Kebudayaan Masyarakat Perspektif Clifford Geertz”, Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, Vol. 2, No. 1, 13-22, (Maret, 2021). DOI: 10.22373/jsai.v2il.1199

Riantini, Pande Ni Luh Putu Ayu, I Wayan Lasmawan, and I Nengah Suastika. “Tradisi Mekotek Sebagai Strategi Pemertahanan Budaya Lokal Di Desa Adat Munggu Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Pande.” Ganesha Civic Educational Journal 4, no. 1 (2022).

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiadi, Elly M., dkk. 2012. Ilmu Social dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sihombing, Dionisius., dkk. 2022. Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Lokal. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Subqi, I., Sutrisno dan Ahmadiansah, R. “Islam dan Budaya Jawa”, Taujih, Vol. 4, No. 9 (2018).

Sumbullah, Ummi. “Islam Jawa dan Akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi Dan Ketaatan Ekspresif.” El Harakah 14, no. 1 (2012): 52.

Supardan, Dadang. 2015. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sztompka, Piotr. 2007. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Thoha, Chabib. 2000. Pendidikan Islam Demokratisasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wasid, dkk. 2011. Menafsirkan Tradisi Dan Modernitas; Ide-Ide Pembaharuan Islam. Surabaya: Pustaka Idea.

Zubaedi. 2002. Isu-isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Fitriah, E. A., & Muttaqin, A. I. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Lokal Masyarakat Adat di Daerah Enklave TNBTS Ranupani Senduro Lumajang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 151–174. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3440

Issue

Section

Article