Peran Pemimpin dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Muhammad Bakron Andre Setiawan Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Abu Hasan Agus R Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Mohammad Syifaur Rizal Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Muhammad Abdussyakir Z Universitas Nurul Jadid Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3437

Keywords:

Kepemimpinan, PKB, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terhadap peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid (SMPNJ). PKB mencakup berbagai kegiatan seperti pelatihan dan workshop, sertifikasi dan kualifikasi guru, serta pembelajaran kolaboratif dan komunitas praktik guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan workshop berperan signifikan dalam memperbarui keterampilan serta meningkatkan efektivitas pengajaran. Sertifikasi dan kualifikasi guru memastikan kompetensi keprofesian , sedangkan pembelajaran kolaboratif dan komunitas praktik memperkuat kerja sama dan inovasi dalam proses pembelajaran. PKB secara keseluruhan menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta berkontribusi pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kebijakan PKB yang relevan dan berkesinambungan untuk mendukung mutu pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Rafsanjani, Amelia, Fitra Amalia Harahap, Nur Dahyanti, Mulia Ardiansah Harahap, and Sylvi Marsella Diastami. “Pengembangan Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2022).

Anjarsari, Riana. “Dampak Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2327.

Basari, Jupri, and Nyet Moi Siew. “Kerangka Pemupukan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik Tambahan.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 7, no. 3 (2022). https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i3.1348.

Isamuddin, Isamuddin, Faisal Faisal, Maisah Maisah, Lukman Hakim, and Kasful Anwar Us. “IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT PADA MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM MUARA BUNGO.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.770.

Jafar, Wisi. “Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Program Literasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Di SMP Negeri 15 Gorontalo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.177-186.2021.

Jujuniarti, Imas, Ajat Rukajat, and Iyan Sopiyan. “MANAJEMEN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTS AL-AMANAH PASEH.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i1.17.

Kasih, Kiki Darma, and Arimurti Kriswibowo. “Implementasi Peningkatan Kompetensi Dalam Memenuhi Standar Kualifikasi Pendidikan Bagi Guru ASN Di Kabupaten Lumajang.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 6 (2023). https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1695.

Khairiyah, Ummil, and Herio Rizki Dewinda. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Yang Bermutu.” Psyche 165 Journal, 2022. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i3.175.

Lamirin, Joko Santoso, and Panir Selwen. “Penerapan Strategi Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 14, no. 2 (2023). https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.259.

Mulyati. “Kurangnya Kompetensi Pendidik Menjadi Masalah Di Indonesia.” Seri Publikasi Pembelajaran 1, no. 1 (2022).

Munawir, Munawir, Arum Nur Aisyah, and Inayatur Rofi’ah. “Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2 (2022). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360.

Nur Efendi, and Muh Ibnu Sholeh. “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Academicus: Journal of Teaching and Learning 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25.

Pudiyono, Pudiyono, and Miftahul Furqon. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Guru Pembimbing PPG UM Purwokerto.” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.881.

Purwati, Panca Dewi, Ngabiyanto Ngabiyanto, Siti Maryatul Kiptiyah, and Rasdi Rasdi. “Peningkatan PKB Bagi Guru SD Gugus Sindoro Kabupaten Blora Melalui Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Dengan Penerapan Model Cooperative Integrative Reading and Composition.” Jurnal Abdimas 27, no. 1 (2023). https://doi.org/10.15294/abdimas.v27i1.39508.

Rabiudin, Oki Sandra Agnesa, Erwinestri Handiar Nur Afifi, and Arini Rahmadana. “Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah.” I-Com: Indonesian Community Journal 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2121.

Rahmi, Aisyah Sabilla, Siti Fatiya Rosyidah, Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh, Ika Damayanti, Shabrina Salsabila, and Istiningsih Istiningsih. “Pengembangan Profesionalitas Guru Dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.400.

Santoso, Eko Budi, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, and Endang Wuryandini. “Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1331.

Tajuddin, Shafruddin, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas, and Ihwan Rahman Bahtiar. “Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 4 (2023).

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Setiawan, M. B. A., R, A. H. A., Rizal, M. S., & Abdussyakir Z, M. (2024). Peran Pemimpin dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 139–150. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.3437

Issue

Section

Article