Filsafat Pendidikan Islam: Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantoro Serta Relevansinya bagi Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Mondialisasi
Filsafat Pendidikan Islam : Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantoro serta Relevansinya bagi Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Mondialisasi
DOI:
https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i2.2986Keywords:
Filsafat Pendidikan Islam, Al-Ghazali, Ki Hadjar Dewantoro, Era MondilalisasiAbstract
Filsafat Pendidikan Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan akhlak umat Islam. Dalam konteks ini, para pemikir seperti Al- Ghazali dan Ki Hadjar Dewantoro telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan konsep pendidikan Islam. Artikel ini melakukan kajian komparatif konseptual mengenai pandangan pendidikan Islam dari sudut pandang kedua tokoh tersebut. Al-Ghazali, seorang filosof dan teolog Islam terkemuka dari abad ke-11, menekankan pentingnya pengembangan karakter dan kesadaran spiritual dalam pendidikan Islam. Ia juga menganjurkan metode pembelajaran holistik yang mengintegrasikan aspek spiritual, moral dan intelektual. Di sisi lain, Ki Hadjar Dewantoro, pendiri Taman Siswa ternama, menekankan pentingnya pendidikan yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski berasal dari konteks budaya dan zaman yang berbeda, namun pandangan Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantoro memiliki kesamaan dalam menekankan pentingnya pengembangan karakter dan moral dalam pendidikan Islam. Namun, terdapat juga perbedaan dalam pendekatan dan penekanannya pada aspek pendidikan tertentu. Dengan memahami pandangan konseptual kedua tokoh tersebut, kita dapat memperkaya pemahaman kita tentang hakikat dan nilai-nilai pendidikan Islamserta relevansinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia pada era mondialisasi.
Downloads
References
Abdul Mukit. “Tinjauan Hakikat Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Aqlamuna : Journal of Educational Studies, Vol. 1, No. 1 (June 2023): 8.
Abi Iman Tohidi. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad.” OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Vol. 2, No. 1 (Agustus 2017): 1.
Alwizar. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali.” e-Journal UIN SUSKA : Jurnal Potensia, Vol. 14, No. 1 (Januari – Juni 2015): 134.
Areadius Benawa. “Kontribusi Pendidikan Dalam Membangun Pengetahuan Dan Karakter Bangsa.” BINUS Journal : Humaniora, Vol. 3, No. 2 (Oktober 2012): 358.
Besse Ruhaya. “Fungsi Filsafat Pendidikan Terhadap Ilmu Pendidikan Islam.” Rumah Jurnal UIN Alauddin, Vol. XI, No. 1 (Januari – Juni 2022): 187.
Devi Syukri Azhari. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai : Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 4, No. 2, 273.
Hidayati, Nur Aisyah. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali (Sebuah Analisis Terhadap Kurikulum PAI).” OJS STAI Tuanku Tambusai : Jurnal Hikmah, Vol. 10, No. 1 (Januari – Juni 2021): 78.
Mappasiara. “Filsafat Pendidikan Islam.” Rumah Jurnal UIN Alauddin, Vol. VI, No. 2 (Juli – Desember 2017): 1.
Mardinal Tarigan. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 1, (2022): 8.
Mariyo. “Konsep Pemikiran Imam Al Ghazali dalam Relevansi Pola Pendidikan Islam Indonesia dalam Era Globalisasi.” Journal on Education, Vol. 5, No. 4 (Mei – Agustus 2023): 10.
Mohammad Ghozil Aulia, Mohamad Agung Rokhimawan, Jauharotun Nafiisah. “Desain Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Untuk Program Pendidikan Agama Islam.” JET : Journal of Education and Teaching, Vol. 3, No. 2 (Tahun 2022): 226.
Muhammad Roihan Alhaddad. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 3, No. 1 (Juni 2018): 61.
Muhammad Rusmin B. “Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam.” Rumah Jurnal UIN Alauddin, Vol. VI, No. 1 (Januari – Juni 2017): 73.
Mustafa, “Filsafat Pendidikan Islam : Telaah Epistimologi Ilmu.” Jurnal Iqra’, Vol. 3, No. 1 (Januari - Juni 2009): 86.
Nasrullah. “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam ajaran Ki Hajar Dewantara.” EKPOSE : Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, Vol. 20, No. 2 (Desember 2021): 7.
Rohniah. “Filsafat Pendidikan Islam: Studi Filosofis atas Tujuan dan Metode Pendidikan Islam.” Jurnal Filsafat Pendidikan Islam, Vol. II, No. 2 (Desember 2013/1435H): 31.
Ryan Indy, Fonny J. Waani, N. Kandowangko. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” E-Journal UNSRAT, Vol. 12, No. 4 (Oktober – Desember 2019): 3.
Susilo Hidayah, Jihan Laurenza Alwi, Khalishah Dyah Capritain. “Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Qur’an Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Relevansinya Terhadap Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 17, No. 1 (1 Februari 2024): 44.
Syahraini Tambak. “Pemikiran Pendidikan al-Ghazali.” Journal UIR : Jurnal Al- hikmah, Vol. 8, No. 1 (April 2011): 83.
Widya Noventari. “Harmonisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sistem Among Sesuai Dengan Alam Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara.” JPK (JurnalPancasila Dan Kewarganegaraan), Vol. 1, no. 1 (27 Juli 2016): 50–59.
Zainal Azman. “Pendidikan Islam Di Tengah Tantangan Globalisasi.” OJS STAI Bumi Silampari : El-Ghiroh, Vol. XII, No. 01 (Februari 2017): 7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mathias Raihan Raihan, Halimatussa’diyah Halimatussa’diyah, Pathur Rahman, Lukman Nul Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.