Strategi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Psikolinguistik Generatif Transformatif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2682Keywords:
Metodologi, Pembelajaran Bahasa Arab, Generatif TransformatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Psikolinguistik Generatif Transformatif. Dengan metode kajian pustaka yang menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali berbagai literatur tentang metodologi pembelajaran bahasa Arab melalui pengenalan psikolinguistik generatif transformatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Teori generatif dan transformatif adalah teori yang kompleks dan memiliki potensi yang besar untuk pengembangan kecerdasan buatan dan pembelajaran bahasa. Teori ini menekankan pada kemampuan manusia untuk membentuk tutur kata yang tidak terhitung nilainya, meskipun hanya memiliki pengetahuan yang terbatas tentang bahasa. Hal ini sesuai dengan proses pemerolehan bahasa alamiah (natural language acquisition) yang terjadi pada anak-anak. Penerapan teori ini juga membutuhkan guru yang mempunyai kemahiran berbahasa Arab yang fasih dan mampu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Selain itu, teori ini juga membutuhkan tempo yang cukup panjang untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan penerapan yang tepat, teori generatif dan transformatif dapat menjadi salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk pembelajaran bahasa Arab. Namun, penerapan teori ini juga menghadapi sejumlah tantangan yang perlu dipertimbangkan.
Downloads
References
Abdul Basit, M.A., dan Kholifatul Ummah, R.P. “Aplikasi Teori Generatif-Transformasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurusssalam Krapyak Yogyakarta”. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 2 (2018).
Ahmadi, Rulam. 2017. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
al-Naqah, Mahmud Kamil. 1980. Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyyah Li Al-Natiqin Bi Lughat Ukhra: Asasuh, Madahilul, Turuq Tradisih. Mekkah: Ma'had Umm al-Qura.
al-Tha'alabi, Abu Mansur. 1972. Fiqh Al-Lughah Wa Sirr Al ’Arabiyyah. Mekkah: Dar al-Kutub.
Aminah, Sri Nurul. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab”. Prodisiding Semnasbama IV UM, Jilid I (2020).
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
el-Ushaili, Abdul Aziz bin Ibrahim. 2009. Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Fauzy AH, Hanifal., Arief, Z.A., dan Muhyani, “Strategi Motivasi Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Arab”. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1 (Juni, 2019).
Firdausiyah, L., Nasa’I, I., dan Abu Bakar, M.Y. “Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan di Pondok Pesantren Darul 'Ulum Jombang". Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, Vol. 3, No. 1 (Januari, 2022).
Hakim, Mohammad Andi. “Membanding Teori Transformasi Generatif dan Systemic Functional Grammar; Telaah Kritis-Dialogis antar Madzab Linguistik”. IJAS: Indonesian Journal of Arabic Studies, Vol. 1, no. 1 (October, 2019).
Jamil, H., dan Sardiyanah. “Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Revolusi 4.0”. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1 (2020).
Kunjumuhammed, S.K., Tabash, B.K.H., dan Pandurugan, V. “‘Hugging the Middle’ on Selection of Educational Philosophy: Empirical Evidence from Higher Education in Sultanate of Oman”. AGJSR: Arab Gulf Journal of Scientific Research (2023).
Latifah, S.N., Mahbubi, A., & Abu Bakar, M.Y. “Analisis Cara Belajar Menurut Madzhab Teori Belajar Modern”. Hudan Lin Naas, Vol. 4, No. 1 (Juni, 2023).
Malik, Adam. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Mivtakh, Balkis Aminallah Nurul. “Teori Tata Bahasa Generatif Transformatif Chomsky serta Aplikasinya dalam Gramatikal Bahasa Arab”. ALLAIS: Journal of Arabic Language and Literature Studies, Vol. 2, No. 1 (Juni, 2023).
Munawwir, Ahmad. “Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Shaut al-Arabiyyah, Vol. 8, No. 1 (Juli, 2020). https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.15030.
Muriyatmako, D., Pradhana, F.R., Musyafa, Z.A. “Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung”. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 6, No. 1 (Januari, 2019).
Ohoitimur, Johanis. “Disrupsi: Tantangan bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang bagi Lembaga Pendidikan Tinggi”. Respons: Jurnal Etika Sosial, Vol. 23, No. 2 (2018).
Permata, Bagus Adrian. “Teori Generatif Transformatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Empirisma, Vol. 24, No. 2 (September, 2015).
Salehet, N., Maulani, H., Sopian, A., & Khalid, S.M. “Sastra Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Dini di Tk Al-Quran (TKQ)”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 15, No. 2 (Agustus, 2022).
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Sintaksis. Bandung : Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Achmad Hafi, Izzatun Naimah, M. Yunus Abu Bakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.