Kapabiltas Belajar Dalam Proses Pembelajaran

Kajian Konsep Teori Gagne Dalam Praktek Pembelajaran

Authors

  • Moh. Sutomo Institut Agama Islam Negeri Jember

Abstract

Memahami makna belajar dan mengajar tidak akan cukup bagi seorang pebelajar (guru/dosen)  untuk sukses dalam menjalankan perannya sebagai seorang pengajar bila tidak memahami hasil belajar. Hasil belajar sering disebut dengan kapabilitas belajar merupakan dampak dari proses belajar yang dilakukan si belajar dan mengajar yang dilakukan oleh pebelajar. Dengan memahami kategori kapabilitas belajar yang ingin dilakukan si belajar, akan berpengaruh pada metode pembelajaran yang berbeda oleh pebelajar dalam membelajarkan si belajar (siswa). Metode pembelajaran yang berbeda inilah yang membawa pada perbedaan dan perubahan pengelolaan pengalaman belajar. Ketepatan  dalam memahami kagorisasi kapabilitas belajar yang ingin dicapai oleh si belajar akan membawa pada ketepatan dalam memilih metode dan akhirnya berdampak pada efektifitas si belajar dalam mencapai kapabilitas belajar yang diinginkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-15

How to Cite

Sutomo, M. (2017). Kapabiltas Belajar Dalam Proses Pembelajaran: Kajian Konsep Teori Gagne Dalam Praktek Pembelajaran. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 30–44. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/252

Issue

Section

Article