Pendidikan Vokasi Persfektif Al-Qur'an

  • Basri Basri Politeknik Negeri Balikpapan, Indonesia

Abstract

Abstrak 


Teknologi terapan menjadi kebutuhan manusia, dengan teknologi kegiatan manusia akan menjadi mudah dalam melakukan aktivitasnya, Saat ini manusia  tidak bisa menghindar dari penggunaan teknologi karena  teknologi  terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia.Masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang saat ini masih berlangsung menuntut manusia untuk menguasai teknologi dalam melakukan kegiatannya karena mereka hadir di Indonesia dengan melakukan kegiatan bisnis dengan menggunakan teknologi hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan  bagi generasi milenia. Sejak 1430 tahun silam Allah SWT. sudah  meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi dan mendorong manusia untuk mempelajari dan mengkajinya. Informasi ilmu pengetahuan dan  teknologi terapan tersebut  disampaikan dalam berbagai ayat al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendidikan vokasional berbasis teknologi terapan yang ada dalam al-Qur’an, metode penelitian ini dengan kajian literer  mengumpulkan data dari berbagai referensi khususnya al-Qur,an sebagai rujukan utamanya menganalisis dan mengelompokkan ayat-ayat al-Qur;an yang berkaitan dengan vokasi/ kejuruan yang dapat  diterapkan langsung  dalam kehidupan manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan   bahwa al-Qur’an   ajararannya yang sempurna menyangkut berbagai aspek kehidupan manusia baik yang terkait dengan hubungan makhluk dengan khaliknya, hubungan sosial manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, terapan ekonomi, dan  sejarah pada masa lalu, dan mendorong manusia untuk menyiapkan dirinya untuk hari esok.


 


Kata Kunci : Teknologi, manusia, Al Qur’an


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-15
How to Cite
BASRI, Basri. Pendidikan Vokasi Persfektif Al-Qur'an. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 87-100, feb. 2022. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1523>. Date accessed: 20 may 2022. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1523.
Section
Article