Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Kewirausahaan dalam Materi Pendidikan Agama Islam dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MATERI PAI DARI SEKOLAH DASAR SAMPAI PERGURUAN TINGGI

  • Mila Roza Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sedya Sentosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan proses pembentukan kepribadian muslim yaitu manusia yang beriman dan beramal shaleh serta berakhlak baik sesuai ajaran Islam. Berbagai kurikulum telah dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara komprehensif. Melihat kemajuan manusia dari segi perekonomian yang semakin digalakkan dengan program ‘ayo berwirausaha’ yang banyak melahirkan wirausahawan muda millenial. Tentunya hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar bagi penulis apakah pada penyampain materi PAI yang bersifat menyeluruh ini sudah memuat kebutuhan materi sesuai dengan perkembangan zamannya serta membina siswa secara direct ataupun indirect learning atas nilai-nilai dasar kewirausahaan yang mereka punya melalui program-program pembelajaran yang dapat di relevankan dengan mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Dalam hal ini peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian dan menguraikan secara teratur data yang telah diperoleh, kemudian diberikan pemahaman dan penjelasan agar dapat dipahami dengan baik oleh para pembaca. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya indikasi penyampaian nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada muatan materi PAI yang di rangkum sesuai dengan kurikulum pendidikan Islam yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik sejak dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga mencapai Perguruan Tinggi.


 


Kata Kunci: Materi PAI, Kewirausahaan dan Kurikulum


Pendidikan agama Islam merupakan proses pembentukan kepribadian muslim yaitu manusia yang beriman dan beramal shaleh serta berakhlak baik sesuai ajaran Islam. Berbagai kurikulum telah dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara komprehensif. Melihat kemajuan manusia dari segi perekonomian yang semakin digalakkan dengan program ‘ayo berwirausaha’ yang banyak melahirkan wirausahawan muda millenial. Tentunya hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar bagi penulis apakah pada penyampain materi PAI yang bersifat menyeluruh ini sudah memuat kebutuhan materi sesuai dengan perkembangan zamannya serta membina siswa secara direct ataupun indirect learning atas nilai-nilai dasar kewirausahaan yang mereka punya melalui program-program pembelajaran yang dapat di relevankan dengan mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Dalam hal ini peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian dan menguraikan secara teratur data yang telah diperoleh, kemudian diberikan pemahaman dan penjelasan agar dapat dipahami dengan baik oleh para pembaca. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya indikasi penyampaian nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada muatan materi PAI yang di rangkum sesuai dengan kurikulum pendidikan Islam yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik sejak dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga mencapai Perguruan Tinggi.


 


Kata Kunci: Materi PAI, Kewirausahaan dan Kurikulum

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-15
How to Cite
ROZA, Mila; SENTOSA, Sedya. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Kewirausahaan dalam Materi Pendidikan Agama Islam dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 71-86, feb. 2022. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1454>. Date accessed: 04 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1454.
Section
Article