Pendidikan Tahfidzul Qur'an Usia Dewasa dan Lanjut Usia di Wilayah Metropolis

  • Ahmad Abdur Rokhim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Mayoritas lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Qur’an adalah pondok pesantren, sekolah formal, taman pendidikan Al Qur’an, masjid dan juga musholla. Pesertanya kebanyakan adalah dari kalangan anak-anak dan remaja. Kelompok usia yang masih memilik kemampuan mengingat cukup kuat dan belum memiliki banyak kesibukan. Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Yayasan Griya Al Qur’an Surabaya justru menunjukkan fenomena yang berbeda pada umumnya, yakni seluruh peserta didiknya adalah orang-orang berusia dewasa dan lanjut usia. Hadirnya Yayasan Griya Al Qur’an Surabaya membawa nuansa baru dalam dunia pendidikan Tahfidzul Qur’an karena fokus pada peserta usia dewasa dan lanjut usia di wilayah perkotaan. Konsep pembelajaran yang digunakan merupakan perpaduan antara pondok pesantren dengan lembaga kursus atau sekolah formal. Strategi ini bertujuan agar pendidikan Tahfidzul Al Qur’an bisa diikuti semua kalangan bukan hanya monopoli santri di pondok pesantren. Dengan menggunakan manajemen yang profesional, kurikulum yang terstruktur, metode belajar yang menyenangkan serta jadwal belajar yang fleksibel bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang hendak mengikuti pendidikan Tahfidzul Qur’an ditengah kesibukan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis fenomelologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena sosial yang terjadi pada pendidikan Tahfidzul Qur’an usia dewasa dan lanjut usia beserta proses pelaksanaan pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-15
How to Cite
ROKHIM, Ahmad Abdur. Pendidikan Tahfidzul Qur'an Usia Dewasa dan Lanjut Usia di Wilayah Metropolis. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 38-53, feb. 2022. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1206>. Date accessed: 20 may 2022. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1206.
Section
Article