Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kesenian Tari Badui di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta

  • Widha Nur Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bahwa kesenian Tari Badui yang dikembangkan dan dilestarikan di masyarakat dusun Malangrejo yang merupakan kesenian berlatarbelakang syiar Agama Islam tidak hanya sebagai hiburan semata akan tetapi dapat menjadi media atau sarana pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di dusun Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam kesenian Tari Badui di dusun Malangrejo yaitu nilai ketakwaan, nilai keikhlasan, nilai tanggung jawab, nilai kedisiplinan, nilai kemandirian, nilai cinta tanah air, nilai kesopanan, dan nilai sosial. Kemudian nilai Pendidikan Agama Islam dalam gerakannya meliputi nilai pendidikan keimanan, nilai ketakwaan, nilai tawadhu’, nilai tata krama, dan nilai kedisiplinan, sedangkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam iringan syairnya adalah nilai pendidikan keimanan yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Hari Akhir, kemudian nilai pendidikan ibadah yaitu ajakan untuk melaksanakan shalat, menuntut ilmu, bershalawat, membaca Alquran, serta nilai kedisiplinan dan nilai cinta tanah air.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-15
How to Cite
HIDAYAH, Widha Nur. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kesenian Tari Badui di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-23, feb. 2022. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1155>. Date accessed: 04 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1155.
Section
Article