Model Pengembangan Kurikulum pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

  • Siti Aimah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi, Indonesia

Abstract

Kurikulum notabene terwujud atas pemikiran idealis, harapan, pemenuhan kebutuhan pengguna jasa dan pengguna lulusan. Tujuan dirumuskannya kurikulum yakni sebagai arah kegiatan pendidikan mulai dari perencanaan sampai pada evaluasi dan penilaian. Oleh sebab itu kurikulum disebut: the heart/core of education, sedangkan pendidik menjadi the prominent role of education, maka kurikulum yang baik disusun dan dikembangkan dan muranya ditentukan pada pelaksana pendidikan yakni pendidik. Maka dalam artikel ini membahas: (1) Landasan atas Pengembangan Kurikulum; (2) Posisi keberadaan Kurikulum serta Model Pengembangannya; (3) Pengembangan dari Rencana Pembelajaran; (4) Integrasi antara ilmu-ilmu agama dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tertuang pada Rencana Pengembangan RPS (5) Implementasi Pengembangan Kurikulum di IAIDA Blokagung Banyuwangi sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren. Artikel ini merupakan hasil penelitian studi kasus yang menggunakan; deep interview, observasi partisipan dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya, sedangkan analisis datanya menggunakan inetraktif tiga model Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data, pendeskripsian hasil penelitian berupa kesimpulan. IAIDA Blokagung Banyuwangi dalam implementasi model pengembangan kurikulum menggunakan integrasi model kurikulum serta menerapkan integrasi agama dan iptek yang diwujudkan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS), yaitu menerapkan model informatif, model korektif, model komplementasi dan model verifikasi serta integrasi agama, ilmu pengetahuan dan teknologi digital dalam rangka mengakomodir kebutuhan dan keinginan masyarakat era milenial yang tidak bisa lepas dari teknologi digita;, gadget dan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, M. Amin. 2010. Masa Depan PTAI: Prespektif Pengembangan Keilmuan. Disampaikan dalam Seminar Nasional “Reformasi Peran Perguruan Tinggi Agama Islam Di Era Teknologi dan Komunikasi”. IAIN Surakarta. 25 April 2010.
Abdulloh, M Amin. 2013. Pengembangan Kurikulum Ilmu-ilmu Keislaman di PTAI Sebuah Ikhtiar Pencarian Landasan Filosofi. Disampaikan dalam pertemuan Konsorsium Ilmu-ilmu Keislaman di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam. Clarion Hotel. Makasar. 13 Juni 2013.
Ariff, Mohd Shoki Md, Zaidin, Norzaidahwati, Sulong, Norzarina. “Total Quality Management Implementation in Higher Education; Concerns and Challenges Faced by the Faculty.” (Going for Gold: Best Practices in Ed. & Public Paper, volume 7, nomor 3, (2009), 1-23.
Brubacher, Jhon S. 1982. Modern Philosophies of Education. New York: McGraw Hill, Inc
Bruner, J. S. 1960. The Process of Education. London: Harvard University Press.
Cotton, Kathleen. 1994. Applying Total Quality Management Principles To Secondary Education.. Research in Mt. Edgecumbe High School Sitka, Alaska.
Goldberg, Jacqueline S. & Cole, Bryan R. “Quality Management in Education: Building Excellence and Equity in Student Performance.” Quality Management Journal, volume 9, nomor 4, (2002), 8-22. DOI: 10.1080/10686967.11919033
Muhaimin. 2006. Konsep Kurikulum Jurusan Kependidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Global. Makalah Disajikan Pada Seminar Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. 30 Nopember 2006.
Muhaimin. 2016. Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam Kontemporer di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi. Malang: Uin Maliki Press.
Mulyasa. 2006. Kurikulum yang disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marzano, R.J., R.S. Brandt, C.S. Hughes, B.F. Jones, B.Z. Presseisen, S.C. Rankin, and C. Suhor. 1985. Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Alexandria: ASCD.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 49 tahun 2014 .
Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2025.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik Bandung: Remaja RosdaKarya.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zahro, Aimatuz. "Transformasi Budaya Aswaja di Pesantren." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, volume 14, nomor 1, Februari (2021), 69-86.
Zahro, Aminatuz. "Perubahan Pesantren antara Efektifitas dan Inefektifitas." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, volume 13, nomor 2, Agustus (2020), 107-122.
Zahroh, Aminatuz. "Kepemimpinan Pesantren dan Perubahan Sosial." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, volume 12, nomor 2, Agustus (2019), 151-165.
Published
2021-08-15
How to Cite
AIMAH, Siti. Model Pengembangan Kurikulum pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 253-280, aug. 2021. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1130>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1130.
Section
Article