The Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi antara Qasidah Burdah dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura

Methods of Exemplary Education Relevance between Qasidah Burdah and Albert Bandura's Social Learning Theory

  • Intan Budiana Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Dalam pendidikan Islam, keteladanan merupakan metode yang paling banyak terlihat hasilnya dan terbukti bersifat influentif di dalam membentuk moral, spiritual maupun sosial seorang anak. Qashidah Burdah melalui sya’ir-sya’ir nya yang begitu indah, yang menceritakan kisah Rasulullah yang terpilih, ditulis oleh seorang penyair yang alim. Teori belajar sosial menjelaskan bahwa, perilaku dibentuk oleh hubungan yang terjadi antara klien dengan lingkungannya. Modeling adalah salah satu teknik yang disusun oleh Albert Bandura. Tujuan dari riset ini merupakan sebagai sarana untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan keteladanan dalam syair-syair qasidah burdah dan relevansinya terhadap teori belajar sosial Albert Bandura. Harapan dari riset ini adalah agar dapat dijadikan sebagai gagasan pendekatan dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kapasitas belajar dengan metode keteladanan. Bentuk riset ini adalah riset kualitatif yang menggunakan metode riset pustaka (library research). Di dalam riset ini ditemukan bahwa di dalam qasidah burdah terdapat kisah-kisah Rasulullah yang dapat kita jadikan sebagai salah satu metode pembelajaran, yaitu metode keteladanan. Hal yang demikian itu sinkron dengan teori belajar sosial Albert Bandura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Asnawi, Muhid, Rangga Sa’adillah. “Pendidikan Moral Melalui Pembelajaran Kitab Alfiyah Ibn Malik di Pondok Pesantren Langitan Tuban.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 6, no. 1 (2018), 106-126.
Achmadi, Ishom. 2014. Kaifa Nurobbi Abnaa Ana. Edited by Hubby and Al-Fatih El-Jawy. Yogyakarta: SJ Press.
Al-Bajuri, Ibrahim. Kitab Syarah Al-Bajuri ’ala Al-Burdah Al-Bushiri.
Muhammad Jamaluddin, Al Qasimy. 1914. Tafsir Al Qasimy Al Musamma Mahasinu Al Takwiil. Bairut: Darul Fikr.
Bandura, Albert. “Social Cognitive Theory in Cultural Context.” Applied Psychology 51, no. 2 (2002), 280.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Riset dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kartono, Kartini. 2002. Psikologi Sosial Untuk Manajemen Perusahaan dan Industri. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Manshur. 2007. Kasidah Burdah Al-Bushiry dan Popularitasnya dalam Berbagai Tradisi; Suntingan Teks, Terjemahan dan Telaah Resepsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Muhid, Abdul. 2015. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Digilib Uinsa.
Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam,” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019). 23-42.
Muthohar, Sofa. “Antisipasi Degradasi Moral di Era Global,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7, no. 2 (2013), 321-334.
Nata, Abudin. 1996. Akhlak Tasawuf. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nihayah, Ulin. “Qasidah Burdah Imam Al-Bushiri; Model Alternatif Dakwah Pesantren.” An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam 7, no. 1 (2015), 30-38.
Qoyim, Dinul. Al Burdah.
Safrony, M. Ladzi. 2013. Al-Ghazali Berbicara Tentang Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Shaikh. Zarnuji (al). 2010. Ta’lim Al- Muta‘allim. Tt. Surabaya: Al Hidayah.
Solikin, Asep. “Nilai-Nilai Spiritual Sufistik Qasidah Burdah dalam Meningkatkan Religiusitas.” Anterior, Anterior 15, no. 1 (2015), 21-29.
Sulthani, Dinil Abrar. “Internalisasi Pendidikan Agama dalam Membentuk Masyarakat Madani.” TARBIYATUNA 14, no. 1 (2021), 87-100.
Taklimudin, Febri Saputra. “Metode Keteladanan Pendidikan Islam Dalam Persfektif Quran.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2018), 1-22.
Tarsono, “Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) dari Albert Bandura dalam Bimbingan dan Konseling,” Psympathic, vol 3, no. 1 (2010). 29-36.
Tholkhah, Imam & Barizi, Ahmad. 2004. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak dalam Islam, ter, Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2021-08-15
How to Cite
PUTRI, Intan Budiana; MUHID, Abdul. The Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi antara Qasidah Burdah dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 164-187, aug. 2021. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1111>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1111.
Section
Article