Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

  • Adet Tamula Anugrah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Nama TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tidak sebesar tokoh-tokoh pendidikan lain di Indonesia, sehingga beliau jarang dikenal oleh rakyat Indonesia khususnya mereka yang berada di luar Pulau Lombok. Padahal TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid memiliki pemikiran yang progresif dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia. Oleh sebab itu penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mengenai pendidikan Islam. Artikel ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Kesimpulan artikel ini mengungkapkan bahwa kunci berhasilnya pendidikan Islam menurut TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah profesionalisme guru, akhlak siswa, dan kualitas lembaga pendidikan Islam. Beliau berpendapat bahwa Ilmu agama dan ilmu umum harus terintegrasi, kemudian beliau realisasikan dalam harmonisasi sistem pendidikan modern dan klasikal yang beliau konsepsikan. Beliau memperjuangkan hak-hak wanita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, melepas wanita dari belenggu keterbelakangan. Pemikiran cemerlang TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam mengkonsepsikan pendidikan Islam, menjadi refleksi terhadap pengembangan pendidikan Islam di Indonesia saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Adawiyah, Muazzatun. “Ontologi Pemikiran TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Pesantren.” TAFAQQUH 3, no. 2 (2018): 124–149. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3481, 124-149.
Amin, Achmad Muzairi. “Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo.” Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 14, no. 1 (2021): 46–68.
Baharuddin. Nahdlatul Wathan Dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Genta Press, 2007.
Bashori. “Kepemimpinan Transformasional Kyai pada Lembaga Pendidikan Islam.” AL-TANZIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019), 73-84.
Efendi, Hasanah. Proses Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Mataram: CV. Al-Haramain Lombok, 2020.
Fahrurrozi. Nahdlatul Wathan Refleksi Keislaman, Kebangsaan, Dan Keummatan. Mataram: CV. Al-Haramain Lombok, 2019.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara, 2020.
Hermawan, Iwan, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. “Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12, no. 2 (2020), 141-152.
Karo, Tiy Kusmarrabbi. “Pemetaan Permasalahan Pendidikan Islam di Indonesia dan Langkah-langkah Mengatasinya.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 4, no. 1 (2020), 143-160.
Madjid, Muhammad Zainuddin Abdul. Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru. Lombok: Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, 2016.
Muslim, Muslihun. Kiprah & Pemikiran Nahdlatul Wathan Dari TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Ke Dr. TGKH. Muhammad Zainul Majdi. Surabaya: Cerdas Pustaka Publisher, 2012.
Nahdi, Khirjan. “Dinamika Pesantren Nahdlatul Wathan dalam Perspektif Pendidikan, Sosial, dan Modal.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2014), 381-405.
Noor, Muhammad, Muslihan Habib, and Muhammad Harfin Zuhdi Zuhdi. Visi Kebangsaan Religius Kiprah Dan Perjuangan, Tuan Guru Kiyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Sebagai Pendidik, Pejuang, Pendiri Tarekat, Pendiri Organisasi Masyarakat Terbesar Lombok, Dan Politisi Muslim. Jakarta: Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta, 2014.
Nu’man, Abdul Hayyi. Maulanasysyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Riwayat Hidup dan Perjuangannya. Lombok: Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, 2016.
Nu’man, Abdul Hayyi, and Muhammad Mugni. Mengenal Nahdlatul Wathan. Lombok: Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, 2010.
Redaksi, Tim. “Kemenkumham Terbitkan SK PBNW Terbaru, Mengacu Putusan PK Mahkamah Agung.” Pengurus Besar Nahdlatul Wathan. Last modified 2020. Accessed May 3, 2020. https://nw.or.id/berita/kemenkumham-terbitkan-sk-pbnw-terbaru-mengacu-putusan-pk-mahkamah-agung.html.
Rozi, Bahru. “Problematika Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020), 33-47.
Setiawan, Iwan. “Islam Dan Nasionalisme: Pandangan Pembaru Pendidikan Islam Tentang Nasionalisme (Kasus Ahmad Dahlan Dan Abdul Wahab Khasbullah).” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2018), 150-159.
Setyaningsih, Mulyani, and Ahmad Fikri Sabiq. “Praktik Pendidikan Agama Islam Berbasis Penguatan Karakter Religius Dan Jujur Di Lingkungan Full Day School.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021), 10-22.
Taufiqurrahman. “Ikhlas dalam Perspektif Al-Quran.” Eduprof : Islamic Education Journal 1, no. 2 (2019), 289-312.
Thohri, Muhammad, Lalu Muhyi Abidin, Khairi Yasri, Fahrurrozi, Satriawan, Zakaria, Zainuddin, Mujahidin, and Prosmala Hadisaputra. Barakah Cinta Maulana. Lombok Timur: IAIH NW Lombok Timur & Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (Majelis al-Aufiya wal ’Uqala), 2016.
———. Keagungan Pribadi Sang Pencinta, Maulana. Lombok Timur: IAIH NW Lombok Timur & Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (Majelis al-Aufiya wal ’Uqala), 2016.
Zaini, Muhammad Ardy. “Eksplorasi Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0.” Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2020). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.620, 123-141.
Published
2021-08-15
How to Cite
ANUGRAH, Adet Tamula. Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 101-122, aug. 2021. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1026>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1026.
Section
Article