Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan

Authors

  • Ahmad Hanif Fahruddin Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Eva Nur Tita Sari Universitas Islam Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Abstract

Penelitian ini hendak melihat bagaimana kode etik guru yang juga berstatus pegawai negeri sipil diimplementasikan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas. Penelitian ini berjudul implementasi kode etik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan diskriptif, dan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kode etik guru dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam, serta model implementasi kode etik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah implementasi kode etik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agam Islam dengan cara menjadi suri tauladan, terbuka, fleksibel, dan adil sedangkan Model implementasi kode etik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diterapkan dengan pembiasan dan keteladanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-15

How to Cite

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151–169. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Issue

Section

Article