PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (Student Teams Achievement Divisions) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI STATISTIK

  • Susie Harini Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan memperoleh paparan yang jelas tentang pembelajaran kooperatif STAD yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kreativitas pada statistik. Dari hasil penelitian langkah-langkah pembelajaran yang dapat menumbuhkn kreativitas siswa pada statistik terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) Tahap awal, membantu siswa membangun pengetahuan awalnya, (2) Tahap inti, memahami masalah untuk menumbuhkan kreativitas siswa, menyelesaikan masalah, membandingkan dan mendiskusikan masalah (3) Tahap akhir, menyimpulkan, memberikan latihan soal, dan memberikan penghargaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-15
How to Cite
HARINI, Susie. PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (Student Teams Achievement Divisions) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI STATISTIK. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 46-65, aug. 2014. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/54>. Date accessed: 29 june 2022.

Keywords

Kreativitas, Pembelajaran Kooperatif STAD, Statistik