Problematika Kebijakan Linierisasi dan Mutasi Guru di Kabupaten Jember

  • Imron Fauzi Institut Agama Islam Negeri Jember, Indonesia

Abstract

Tulisan ini ingin melihat bagaimana implementasi Undang-Undang No. 14 tahun 2005, Permendiknas No. 16 tahun 2007, serta Permendikbud No. 46 Tahun 2016 yang menuntut setiap guru untuk menjadi tenaga profesional yang berkompetensi dan sesuai dengan kualifikasinya. Karena itu pula, kebijakan Pemerintah Kabupaten Jember yang melakukan mutasi guru hanya karena janji kampanye turut disorot dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kualitatif berupa studi descriptive dan explorative yang mengungkap fenomena riil yang terjadi di Kabupaten Jember dengan cara wawancara, observasi, serta kajian dokumen berupa informasi valid melalui media cetak dan elektronik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa problematika mutasi guru yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember diantaranya: pertama, mutasi guru tidak didasarkan pada kebutuhan sekolah (bezetting); kedua, banyak Guru Tidak Tetap (GTT) yang dimutasi lebih jauh dari domisilinya; ketiga, adanya kesenjangan antara proses mutasi guru PNS dengan GTT; keempat, sulitnya adaptasi diantara para guru dengan peserta didik pada tempat mutasi barunya; kelima, realisasi pemberian Surat Penugasan (SP) GTT tidak terlaksana sesuai dengan rencana awal; keenam, adanya kesalahan data mutasi guru dan penentuan tugas mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, Haffid. 2010. Kinerja Guru Bersertifikat Belum Memuaskan, dalam Kompas Edisi 6 Oktober.
Baedhowi. 2009. Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Sertifikasi. Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar UNS, tanggal 12 November.
Dye, Thomas. 1981. Understanding Public Policy, McHill: New York.
Fauzi, Imron. 2017. Etika Profesi Keguruan, Jember: IAIN Press.
http://arsip.suaraindonesia.co.id/read/1975/20171019/192913/garagara-mutasi-tidak-sesuai-sejumlah-sekolah-di-jember-kekurangan-guru/, diakses pada 25 Oktober 2018
http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/322283/bupati_faida_mutasi_seribu_guru_pns_agar_dekat_rumah.html, diakses pada 25 Oktober 2018
http://data.go.id/dataset/guru-sertifikasi, diakses pada 25 Oktober 2018
http://jembergo.id/soal-gtt-ptt-segera-dituntaskan-bupati-faida/, diakses pada 25 Oktober 2018
http://www.memoonline.co.id/read/1535/20180518/162310/jember-bergolak-kebijakan-bupati-memutasi-gtt-menuai-kontroversi/, diakses pada 25 Oktober 2018
http://www.memoonline.co.id/read/1535/20180518/162310/jember-bergolak-kebijakan-bupati-memutasi-gtt-menuai-kontroversi/, diakses pada 25 Oktober 2018
http://jemberkab.go.id/bupati-serahkan-sk-mutasi-guru/, diakses pada 25 Oktober 2018
http://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3680633/ratusan-guru-di-jember-dimutasi-disesuaikan-tempat-tinggal, diakses pada 25 Oktober 2018
Jakaria, Yaya. 2014. Analisis Kelayakan dan Kesesuaian Antara Latar Belakang Pendidikan Guru dengan Mata Pelajaran Yang Diampu, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Khusnuridlo, Moh. 2013. Standar Nasional Pendidikan: Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Kependidikan, Jember: STAIN Jember Press.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.
Nitisemito, A.S. 2006. Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang Guru jo PP No. 19 tahun 2017
Rahmawati, Dwi. 2018. Hubungan antara Motivasi Berpestasi dan Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru (Studi pada Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru), dalam eprints.ums.ac.id, diakses pada tanggal 24 Oktober.
Ruky, Ahmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Pustaka.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wahyudi, Bambang. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Penerbit Sulita.
Published
2019-02-15
How to Cite
FAUZI, Imron. Problematika Kebijakan Linierisasi dan Mutasi Guru di Kabupaten Jember. TARBIYATUNA, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 39-58, feb. 2019. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/351>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.351.
Section
Article