Dinamika Madrasah Dan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Unggulan

  • Syamsul Hadi HM Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Pendidikan Islam termasuk madrasah sebagai salah satu lembaga sosial tertua, dalam perkembangannya senantiasa mengalami dampak perubahan dalam masyarakat. Perubahan ini terjadi dilatari penyesuaian lembaga pendidikan atas kebutuhan masyarakat dan keterakarannya dalam karakteristik masyarakat setempat. Disisi lain dunia pendidikan di Indonesia ditandai oleh kehadiran tiga model kelembagaan yang secara substantif berbeda. Satu sisi terdapat model kelembagaan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan nalar rohaniah dan di sisi lain model kelembagaan sekolah yang berorientasi pada nalar kognitif dan ketrampilan kerja jasmaniah.Titik konvergensi dari kedua model tersebut ditemukan dalam bentuk dua varian, yaitu lembaga pendidikan diniyah yang mengadopsi elemen-elemen sekolah yang disebut madrasah dan lembaga pendidikan sekolah yang mengadopsi elemen-elemen diniyah yang disebut "sekolah Islam".

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-15
How to Cite
HM, Syamsul Hadi. Dinamika Madrasah Dan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Unggulan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 143-173, aug. 2016. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/245>. Date accessed: 06 dec. 2021.
Section
Article