Pendidikan Entrepreneurship dalam Pespektif Global

  • Mohammad Darwis Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Tulisan ini mencoba mengulas tentang pendidikan entrepreneurship dari sudut pandang globalisasi. Entrepreneurship oleh banyak pakar diasumsikan menjadi salah satu tonggak penentu progresifitas dinamika pembangunan suatu bangsa. Dalam konteks Indonesia munculnya ketidak seimbangan antara potensi yang dimiliki dengan kesejahteraan yang diwujudkan  ditengarahi oleh banyak pihak disebabkan oleh minimnya entrepreneur yang ada. Untuk itu pendidikan yang memiliki peran penting dalam menggali dan mengembangkan segala potensi fisik, psikis, bakat, minat, keterampilan dan potensi lainnya perlu diarahkan dan disinergikan dengan wacana kebutuhan entrepreneur di negeri ini. Berangkat dari diskursus tersebut tulisan ini mencoba mengulas tentang pendidikan entrepreneurship dalam perspektif global dengan didahului penjabaran terkait teori tentang pendidikan entrepreneurship dan globalisasi. Selanjutnya paparan substantif tentang pendidikan entrepreneurship diulas berangkat dari pandangan  UNESCO tentang empat pilar pendidikan yaitu; learning to know atau learning ti think, learning to do, learning to be,  dan  learning to life together.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-15
How to Cite
DARWIS, Mohammad. Pendidikan Entrepreneurship dalam Pespektif Global. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 112-128, aug. 2016. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/240>. Date accessed: 18 oct. 2021.
Section
Article