Implementasi Ekstrakurikuler Baca Yasin dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa

Authors

  • Moh. Wardi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia
  • Windi Nur Aindah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2223

Keywords:

Ekstrakurikuler, Yasin, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakter religius yang menjadi ketaatan dan kepatuhan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obervasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pengasuh, kepala sekolah dan guru. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kasus tunggal (single case design) dengan model analisis data yang diperkenalkan oleh Miles dan Hiberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler baca yasin dalam pembentukan karakter religius siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Azhar Aengdake Bluto Sumenep Tahun 2022 dilakukan dalam serangkaian kegiatan membaca syahadatain dan juga surat-surat pendek dilanjutkan dengan membaca asmaul husna sebanyak tiga kali dan juga do’a bersama, dimulai pukul 18.45 s/d 19.30 WIB, kegiatan ini dilaksanakan dipimpin oleh guru sekaligus menjadi imam, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mendisiplinkan siswa dalam beribadah. Kontribusi dari implementasi kegiatan ekstrakurikuler baca yasin dalam pembentukan karakter religius siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Azhar adalah siswa memiliki adab yang baik, sikap disiplin, sikap tawadhu’ dan siswa memiliki sikap saling menghargai antar sesama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdurrahman Shaleh. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya, 2019.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Damayanti, Deni. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska, 2018.

Departemen Agama RI. Landasan, Program dan Pengembangan. Jakarta: Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2015.

Haq, Dadan Nurul dan Kurniawan, Wawan. Pengembangan Karakter Religius di Sekolah dengan Pendekatan Kontekstual. Jawa Tengah: Amerta Media, 2020.

Irnawati, Ira. “Manajemen Ekstrakurikuler Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Melalui Model An-Nahdlyiyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fitrah Kedinding Lor Surabaya”. Skripsi-Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, 2013.

Ismail dkk. “Pembelajaran Tahfidh Juz ‘Amma Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 5 (2022).

Izzan, Ahmad dan Saepudin, D.M. Metode Pembelajaran al-Qur’an. Bandung: Litbang LPI, 2013.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PendidikanAgama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Nasution, Ahmad Faisal. Metode Pembelajaran Membaca al-Qur’an. Sumatera Utara: Sibolangit Forest, 2019.

Noor, Rohinah M. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia, 2018.

Pengelola Padepokan Karakter. Seri Buku Ajar Padepokan Karakter Religius. Jakarta: PKn FIS Unnes, 2020.

Peraturan Pemerintah RI No. 55 Tahun 2017 Pasal 3.

Sahertian, Piet A. Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional, 2010.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Shaleh, Abdulla Rachmad. Pendidikan Agama Islam dan Watak Bangsa. Jakarta: Grafinda Persada, 2015.

Sulistyowati, Endah. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama, 2018.

Suparlan. Pendidikan Karakter (Online). http://www.suparlan.com), diakses Senin, 27 Juni 2022, pukul 09.15 WIB.

Supriatna, Mamat. Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 12.

Usman, Moh Uzer. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru, 2013.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Moh. Wardi, & Windi Nur Aindah. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Baca Yasin dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 115–130. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2223

Issue

Section

Article