Pengaruh Strategi Pembelajaran Tadzkirah dan Sikap Religius Terhadap Hasil Belajar Fiqh di MA MUQ Langsa
DOI:
https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1891Keywords:
Tadzkirah, Sikap Religius, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh strategi pembelajaran tadzkirah terhadap hasil belajar fiqh, pengaruh sikap religius terhadap hasil belajar fiqh, dan interaksi antara strategi pembelajaran tadzkirah dan sikap religius terhadap hasil belajar fiqh. Metode penelitian ini eksperimen rancangan Quasi eksperimen teknik dalam data analisis menggunakan ANAVA dua arah dengan siginifikasi α 0,05. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa XII tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 142 siswa di MA MUQ Langsa, sampel penelitian ini sejumlah 40 orang dengan teknik Cluster Random sampling siswa yang karakteristiknya sama terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tadzkirah berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqh pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 4,285505. Terdapat pengaruh sikap religius terhadap hasil belajar fiqh pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai 43,065> 4,110. Adanya interaksi strategi tadzkirah dengan sikap religius pada taraf 5 % dengan nilai 8,24299> 4,110.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Prasetyo, Joko Trio. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Arif, Amar. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Persada, 2002.
Hidayati, Sri. "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Religiusitas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Smk Telkom Sandhy Putra Medan Tahun Ajaran 2009/2010". Tadrib, vol. 3 no. 1 (2010).
Jalaluddin. Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikolog. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Lutfi, A.F dan Usamah, A. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ADOBE FLASH untuk Mata Pelajaran Siswa dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2 (2019).
Mahmudi, Ihwan dan Nadhifah, Eva Latifatun. "Peningkatan Hasil Belajar Fiqh dengan Strategi Pembelajaran Example Non Example Siswi Kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1". Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 1 (2020); 47–53.
Maya, Rahendra. "Implikasi Relasi Eksploratif (’alaqoh Taskhir) Atas Pemikiran Majid ’Irsan Al-Kilani". Edukasi Islam, vol. 7, no. 2 (2018).
Mudlofir, Ali. "Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam". Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7 (2013).
Mulkeis. "Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Tadzkirah Berbasis Masalah di Kelas VII Smp Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018". FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 4, no. 1 (2018). <https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i1.943>.
Rusman. Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Saleh, Marhamah. "Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning". Jurnal Ilmiah Didaktika, vol. 14, no. 1 (2013); 190–220. <https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497>.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suparman, M. Atwi. Desain Instruksional Struksional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Sutipyo R dan Latifah, A. "Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) X Sleman Yogyakarta Ditinjau dari Dimensi Religiusitas". Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10., no. 1 (2017); 50–78. <https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.908>.
Sutomo, Moh. "Kapabilitas Belajar Dalam Proses Pembelajaran Kajian Konsep Teori Gagne Dalam Praktik Pembelajaran", Tarbiyatuna: Jurnal Pendididkan Islam, vol. 10, no. 1 (2014), 30–44.
Syah, Muhibbin. Psikolog Pendidikan. Bandung: Rodaskarya, 2011.
Uno, H. Orientasi Baru dalam Psikolog Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Wawancara Guru Bidang Studi pada juni 2022.
Yayuk, Hidayah., dkk. "Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal". Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2 (2016); 191–217. <https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/73>.
Zayadi, Ahmad dan Majid, Abdul. ‘Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Berdasarkan Pendekatan Konstektual. Jakarta: Raja Grafindo Perada, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fitriana, Nurmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.