Sastra Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Dini di Tk Al-Quran (TKQ)

Authors

  • Hikmah Maulani Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
  • Nalahuddin Saleh Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
  • Asep Sopian Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
  • Shofa M Khalid Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1770

Keywords:

Bahasa Arab, Digital, Anak Usia Dini

Abstract

Guru TKQ dan DTA yang merupakan pendidik di tingkat PAUD sekaligus fasilitator kepada siswanya dalam menyampaikan materi belum memaksimalkan media pembelajaran digital. Padahal di era sekarang ini, media pembelajaran digital sangat dibutuhkan untuk membuat siswa semangat dalam belajarnya, apalagi di tengah pandemi Covid 19. Dampak pembelajaran yang tidak menggunakan media digital adalah kejenuhan siswa dan kurangnya semangat dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai sebagaimana mestinya. Literasi digital menempati peran yang sangat penting dalam permasalahan ini sebagai solusi dan antisipasi dalam menghadapi tantangan digital di era revolusi 4.0. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan peserta guru bahasa Arab TKQ dan DTA di Kota Bandung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa literasi digital memiliki dampak dan efek langsung pada khazanah media ajar guru, serta partisipasi siswa dalam pembelajaran aktif dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, Luluk. “Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1 (2022). DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.1170

Dariyadi, Moch. Wahib. Media Digital Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: PT Optima Intermedia, 2021.

Hidayat, Heri., dkk. “Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital”. Jurnal Pendidikan Anak, vol. 10, no. 2 (2021). DOI:https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Kurniasih, Eem. “Media Digital pada Anak Usia Dini”. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, vol. 9, no. 2 (2019). DOI: https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401

Maiziani, Fitri dan Amilia, W. “Pemanfaatan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Digital Native dalam Rangka Pemerolehan Bahasa Inggris”. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, vol. 8, no. 2 (2020). DOI: https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110997

Mohamad, Ariff Bin. “Analisis Kesesuaian Pemilihan Teks bagi Genre Cerpen dan Novel Komponen Sastera dalam Pendidikan Bahasa Melayu”. Universitas Pendidikan Sultan Idris, 2009.

Nisa’, Luthfatun. “Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 1 (Januari-Juni, 2020). https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283.

Pratiwi, Eriqa. “Efektifitas Metode Bercerita dengan Media Berbasis Digital pada Anak Usia Dini di Era Industri 4.0”, Seminar Nasional INOBALI: Inovasi Baru dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/download/228/212.

Prayoga, Agung dan Muryanti, Elise. “Peran Guru dalam Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 di Tk Se-Kecamatan Pauh Duo”. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2 (Oktober, 2021). DOI: https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2021.vol4(2).7538

Safitri, Desi Nur dan Muryanti, E. “Analisis Pengenalan Literasi Digital bagi Anak Usia Dini pada Masa New Normal”. JCE: Journal of Childhood Education, vol. 5, no. 2 (2021). DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564

Setiawan, A., Praherdhiono, H., dan Sulthoni, S. “Penggunaan Game Edukasi Digital sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini”. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 6, no. 1 (2019). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.

Sutama, I Wayan., Astuti, W., dan Anis, N. “E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 3 (Desember, 2021). https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385.

Suwarti, Tarcisia Sri., Lestari, S. dan Widiyanto, M.H. “Pembelajaran Literasi Digital PAUD melalui Pelatihan Tutor Paud di Pos PAUD Dahlia Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan”. IJOCS: Indonesian Journal of Sommunity Services, vol. 2, no. 2 (2020). https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.118-125.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Hikmah Maulani, Nalahuddin Saleh, Asep Sopian, & Shofa M Khalid. (2022). Sastra Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Dini di Tk Al-Quran (TKQ). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 175–185. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1770

Issue

Section

Article