Karakter Kurikulum Humanistik dalam Pengembangannya Terhadap Proses Pembelajaran di SD Adnani Panyabungan Mandailing Natal

Authors

  • Rohman Rohman Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Syafruddin Nurdin Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Muhammad Kosim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Nana Sepriyanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1769

Keywords:

Kurikulum Humanistik, Pengembangan Kurikulum, SD Adnani Panyabungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kurikulum humanistik di SD Adnani Panyabungan Mandailing Natal dengan karakteristik kurikulum humanistik yang dimilikinya. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan ada empat karakteristik pengembangan kurikulum humanistik yang dilakukan SD Adnani yaitu pertama, karakter integralistik dilakukan dengan pengintegrasian pelajaran agama dan umum dengan menekankan akhlak sebagai landasan utama. Kedua, karakteristik dari segi peran yang dilakukan guru tidak otoritatif terhadap pembelajaran siswa. Guru berperan lebih pada fasilitator terhadap minat siswa dalam belajar. Ketiga, karakteristik pada proses pembelajaran yang lebih kooperatif, dalam hal ini para siswa melaksanakan pembelajaran dengan adanya tutor sebaya dalam bentuk diskusi dalam rangka penguatan materi pelajaran. Keempat, karakter evaluasi lebih menekankan pada proses ketimbang hasil, para guru lebih menitikberatkan keberhasilan siswa mengacu pada akhlak yang muncul pada siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Arbayah. “Model Pembelajaran Humanistik”. Dinamika Ilmu, vol. 15, no. 2 (2013).

Asrofi, Muhammad. “Hukuman dalam Pendidikan Islam: Studi atas Dampak Psikologis Anak Usia Dasar dan Citra Guru”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 14, no. 2 (Agustus, 2021).

D. Setiyadi. “Kurikulum Humanistik dan Pendidikan Karakter: Sebuah Gagasan Pengembangan Kurikulum Masa Depan”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1 (2011).

Dokumen. Yayayasan Pendidikan Islam Terpadu SD Adnani Panyabungan Mandailing Natal, Diperoleh pada Rabu, 15 Juni 2022.

Faturohman, Nandang dan Gunawan, Agus. “Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendididkan Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Serang”. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 8, no. 2 (Desember 2021).

M. Qorib, Parjuangan, & Jaya, C. K. “Kreativitas dalam Perspektif Teori Humanistik Rogers”. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, vol. 14, no. 1 (2022).

Maslukiyah, Nailil dan Rumondor, Prasetio. “Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair”. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, vol. 25, no.1 (Juni, 2020).

Mastoah, Imas., dkk., “Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di MIS Ciwaru Kota Serang”. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, vol. 13, no. 1 (Juni, 2021).

Mc. Neil, J. D. Kurikulum Sebuah Pengantar Komprehensip. Yogyakarta: Radar Jaya Offset, 1988.

Miswanto, Reka. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Kurikulum Humanistik (Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangbendo Bantul)”. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 2, no. 2 (Desember, 2015).

Rauzana, Nila dan Ningsih, Yuni Setia. “Dampak Covid-19 terhadap Tren Belajar dan Bermain Anak Tingkat Sekolah Dasar di Gampong Beurawe”. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1 (2021).

Sabaruddin. “Sekolah dengan Konsep Pendidikan Humanis”. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 20, no. 2 (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukiman. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Sukmadinata, N. S. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

U. Sadulloh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Wawancara dengan Abdul Thaib, Panyabungan, 2022.

Wawancara dengan Khoirunnisa, Panyabungan, 2022.

Wawancara dengan Nurjalilah Lubis, Panyabungan 2022.

Wawancara dengan Nurjalilah Lubis, Panyabungan, 2022.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Rohman, R., Syafruddin Nurdin, Martin Kustati, Muhammad Kosim, & Nana Sepriyanti. (2022). Karakter Kurikulum Humanistik dalam Pengembangannya Terhadap Proses Pembelajaran di SD Adnani Panyabungan Mandailing Natal. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 149–159. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1769

Issue

Section

Article