Pembentukan Akhlak Mahasiswa melalui Psikologi Islami

Authors

  • Adet Tamula Anugrah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Eva Latipah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ismatul Izzah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i2.1721

Keywords:

Akhlak, Mahasiswa, Psikologi Islami

Abstract

Pembentukan akhlak mahasiswa menjadi misi penting bagi Perguruan Tinggi Islam dalam pesatnya pengaruh globalisasi. Pengaruh hedonisme yang dengan cepat mengubah gaya hidup mahasiswa harus segera disikapi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia menerapkan pendekatan psikologi Islami dalam upaya membentuk akhlak mahasiswa demi menekan pengaruh hedonisme pada gaya hidup mahasiswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji bagaimana penerapan pendekatan Psikologi Islami yang dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk membentuk akhlak mahasiswa. Problematika yang kompleks dan dinamis menuntut penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sehingga pengolahan data yang tidak bersifat numerik, memberikan hasil penelitian yang mendalam terkait topik penelitan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga metode utama psikologi Islami yang terapkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam proses perkuliahan yaitu, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasihat. Penerapan tiga metode tersebut sangat memperhatikan kondisi psikis dan fisik mahasiswa, sehingga memiliki dampak positif bagi mahasiswa. Mahasiswa memiliki kesadaran untuk berperilaku baik, serta menjaga akhlak baik itu dalam lingkungan kampus maupun dalam kehidupan sehari-hari di luar kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin dan Riyanto, Waryani Fajar. “Integrasi-Interkoneksi Psikologi (Implementasinya bagi Penyusunan Buku Ajar di Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)”. Jurnal Psikologi Integratif, vol. 2, no. 1 (Juni, 2014); 1-21.

Alim, A. Sahirul. Menguak Keterpaduan Sains Teknologi Dan Islam. Yogyakarta: Dinamika, 1996.

Amiruddin. “Urgensi Pendidikan Akhlak: Tinjauan Atas Nilai Dan Metode Perspektif Islam di Era Disrupsi,” Journal of Islamic Education Policy 6, no. 1 (April 3, 2021), accessed August 23, 2022, http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1474.

Ancok, Djamaludin dan Suroso, Fuat Nashori. Psikologi Islami Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Astuti, Ragil Ratna. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Astuti. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Baharuddin. Paradigma Psikologi Islam Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Bastaman, Hanna Djumhana. “Dari Kalam Sampai ke API”. Jurnal Psikologi Islam, vol. 1, no. 1 (2005); 5–16. https://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/15.

Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali, 1989.

Fitri, Helma. “Urgensi Psikologi Pendidikan Islami dalam Pengajaran”. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, vol. 6, no. 1 (2020); 140–150. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/7972.

Hamid, Abdul Waris. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Hamid. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Hasan, Nur. “Elemen-elemen Psikologi Islami dalam Pembentukan Akhlak,” Spiritualita, vol. 3, no. 1 (15 Juni, 2019); 105-124. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/spiritualita/article/view/1516

Hasanah, Muhimmatul. “Dinamika Kepribadian menurut Psikologi Islami,” Ummul Qura vol. 6, no. 2 (1 September, 2015); 110-124. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2053

Hasibuan, Ahmad Tarmizi dan Rahmawati, Ely. “Pendidikan Islam Informal dan Peran Sumber Daya Manusia dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 1 (15 Februari, 2022); 24–37. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1182

Hidayat, Bahril., Putra, Ary Antony dan Harahap, Musaddad. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami”. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1 (24 Oktober, 2018); 29–38, https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/2254

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Malik, Abdul, and Fitrah Sugiarto. “Psikologi Pendidikan dan Strategi Membentuk Kepribadian Islami Perspektif Al-Qur’an”. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 4, no. 1 (31 Maret, 2021); 12–24. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/642

Masganti. Psikologi Agama. Medan: Perdana Publishing, 2014.

Mujib, Abdul. “Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam”. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS (Surakarta: Fak Psikologi UMS, 2012). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/1746

Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam”. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, vol. 5, no. 1 (Juni, 2019); 23–42. http://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/63

Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam”. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 5, no. 1 (16, Mei, 2020); 53–64. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/al-muaddib/article/view/1600

Nurjan, Syarifan. “Refleksi Psikologi Islami dalam Dunia Psikologi di Indonesia”. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2 (14 September, 2017); 61–76. http://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/625

Rahyubi, Heri. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2017.

Safrilsyah, Zailani, Moh., Yusoff, Moh dan Othman, Moh Khairi. “Moral dan Akhlaq dalam Psikologi Moral Islami” Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, vol. 2, no. 2 (3 Maret, 2018); 155–169. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/2414

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 2012.

Suwarno, Wiji. “Pendekatan Psikologi Islami Untuk Memaknai Informasi”. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, vol. 3, no. 2 (31 December, 2015); 215–223. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1592

Thamrin, Hasnidar dan Saleh, Adnan Achiruddin. “Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa”. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah 11, no. 1 (2021); 1-14. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/komunida/article/view/1923

Thayyibi, Muhammad Ilham. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Thayyibi. “Wawancara” (Yogyakarta, 2022).

Warsah, Idi. “Pendidikan Keimanan sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami”. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, vol. 4, no. 1 (8 Juni, 2018); 1–16. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/2156

Zubaedi, “Komparasi Psikologi Agama Barat dengan Psikologi Islami Menuju Rekonstruksi Psikologi Islami”. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, vol. 8, no. 1 (10 Juni, 2015); 81-88. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/article/view/354

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Anugrah, A. T., Latipah, E., & Izzah, I. (2022). Pembentukan Akhlak Mahasiswa melalui Psikologi Islami. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 135–148. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i2.1721

Issue

Section

Article