Diskursus Transformasi Menejemen Mutu Kompetensi Lulusan Madrasah

Authors

  • Sugianto Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Mashur Imam Sekolah Tinggi Islam Cendekia Insani Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.1586

Keywords:

Tranformasi, Menejemen Mutu, Kompetensi, Madrasah dan Lulusan

Abstract

Mutu kelembagaan madrasah terus berkembang di era globalisasi saat ini. Kesuksesan tersebut tentu tidak lepas dari kualitas pengembangan mutu lulusannya. Mereka bukan hanya dapat bertahan namun juga mampu berkontestasi. Artikel yang berjenis library reseach dengan pendekatan kualitatif diskriptif ini, berusaha mengungkap gerak tranformasi menagemen mutu kompetensi lulusan madrasah dari sejak munculnya upaya desentralisasi madrasah hingga dewasa ini. Konlusi dari proses kajian yang dilakukan, menunjukkan bahwa proses desentraliasi madrasah telah mengubah paradigma pengembangan mutu kompetensi lulusan madrasah. Perubahan yang terjadi tentu merupakan respon pada kebutuhan masyarakat dan masalah-masalah desain managemn yang awalnya masih sentralisitik. Desain pengembangan mutu madrasah pada era desantralistik menguapayakan adanya partisipatif peran seluruh pihak dan otimalisasi seluruh elemen yang berhubungan dengan pengembangan kompetensi lulusan madrasah. Wujud ideal yang sebenarnya berusaha diimplementasi dalam kebijakan dan program madrasah reforms.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.

Asari, Hasan. Menyingkap Zaman Keemasan Islam. Bandung: Mizan, 1996.

Asrohah, Hanun. Pelembagaan Pesantren. Jakarta, Depag RI dan INCIS: 2002.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Melinium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Deming, W. Edwards. The New Economics for Industry, Government, Education. Inggris: MIT Press, 2000.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Kiai. Jakarta: LP3ES, 2011.

Dubois, David D. dan Rothwell, William J. Competency-Based Human Resource Management: Discover a New System for Unleashing the Productive Power of Exemplary Performers. California: Davis-Black, 2010.

Jaelani, A. Timur. Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Perguruan Agama. Jakarta: Dermaga, 1982.

Makdisi, George. The Rise of College Institutions of Learning in Islam and the West. Edinburgh: Edinburgh University Press, 1981.

Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives on Intellectual Functioning and Development, ed. by David Yun Dai and Robert J. Sternberg. USA: Routledge, 2004.

Muhaimin. “Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam”. Makalah Seminar Nasional di STAIN Tulungagung, 7 Nopember 2009.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Bandung: Rosda, 2002.

Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2013.

Peraturan Surat Keputusan Tiga Menteri (SKB) Tanggal 24 maret tahun 1975.

PP Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Qoumas, Yaqut Cholil. dalam Siaran pers Kementerian Agama yang dikutip pada Sabtu (6/2/2021).

Ramdhani, M. Ali. “Peminat Madrasah Aliyah Unggulan Meningkat dari Tahun ke Tahun”, dalam https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/26/162854171/peminat-madrasah-aliyah- unggulan-meningkat-dari-tahun-ke-tahun. Tanggal 26/02/2021

Soebahar, Abd. Halim. Pendidikan Islam dan Trend Masa Depan Pemetaan Wacana dan Reorientasi. Jember: Pena Salsabila: 2009.

Syaifuddin, Mohammad dkk., Manajemen Berbasis Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. 2007.

Tim Penyusun, Madrasah reform 2020-2024 (realizing education’s Promise Madrasah Educatioan Reforms). Jakarta: Kementerian Agama, 2020.

Umaedi. Manajemin Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Sebuah pendekatan Baru dalam pengelolaan Sekolah untuk Peningkatan Mutu. Jakarta: Depdikbut, Direktotar Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1999.

Umar, Ahmad. “10 Siswa Madrasah Aliyah Terima Penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020” dalam https://kemenag.go.id/berita/read/514987/10-siswa-madrasah-aliyah-terima-penghargaan-prestasi-talenta-indonesia-2020 tanggal 23 Desember 2020 .

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Sugianto, & Mashur Imam. (2023). Diskursus Transformasi Menejemen Mutu Kompetensi Lulusan Madrasah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 77–90. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.1586

Issue

Section

Article