Analisis Sistem Sertifikasi Guru dalam Problematika Kekinian

Authors

  • Imron Fauzi Institut Agama Islam Negeri Jember, Indonesia

Keywords:

sertifikasi guru, problematika

Abstract

Keberhasilan pembaharuan sekolah sangat ditentukan oleh gurunya, karena guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran. Hal ini membuat guru layak mendapatkan reward. Salah satu reward yang diberikan oleh Negara terhadap guru adalah dengan sistem sertifikasi. Implikasi dari kepemilikan sertifikasi pendidikan, guru akan mendapatkan penghasilan di atas kebutuhan standar. Di sisi lain guru juga dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas output peserta didik. Di sinilah kesenjangan muncul. Dari berbagai riset menunjukkan sistem sertifikasi banyak menemui problematikanya. Karenanya tulisan ini membuat analisis problem serta pemecahan masalahnya sebagai bagian dari kegelisahan akademik. Solusinya antara lain dengan meningkat kualitas pendidikan tenaga pendidik, optimalisasi LPTK, pembuatan laporan kinerja guru, pelatihan pemanfaatan IT, validitas data pendidik dan membuat matrikulasi bagi tenaga pendidik yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-15

How to Cite

Fauzi, I. (2016). Analisis Sistem Sertifikasi Guru dalam Problematika Kekinian. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 38–57. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/108

Issue

Section

Article