Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Manarul Quran Biro Perjalanan Umroh

  • Masayu Lestari

Abstract

Banyak perusahaan berfokus pada kepuasan tinggi karena para pelanggan yang hanya merasa puas mudah untuk berubah pikiran bila mendapat tawaran yang lebih baik. Mereka yang amat puas lebih sukar untuk mengubah pilihannya. Kepuasan tinggi atau kesenangan menciptakan kelekatan emosional terhadap merek bukan hanya prefensi nasional. Hasilnya adalah kesetiaan pelanggan yang tinggi. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Adapun tujuan  penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) untuk mengetahui lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari variabel independen (kualitas pelayanan dan harga) dan varaiebl dependen (kepuasan konsumen) penelitian ini adalah penelitian populasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan pengelolaan data menggunakan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel Independen (kualitas pelayanan dan Harga) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan harga secara parsial berpengaruh signifkan terhadap kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Dita Putri. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Administrasi Bisnis, (JAB), vol. 37, no. 1 (Agustus 2016): 173.
Armahadyani, “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Keputusan Pembelian Konsuman pada Kedai Makan Pamur Karawang”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Buchori, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Fausi, Moch. 2017. Pelayanan Konsumen. Yogyakarta: Parama Publishing.
Fauzia, Ika Yunia. Riyadi, Abdul Kadir. 2014. Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Fitriana, Widyarini. Sita “Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Yaqawiyyu Kec. Jatinom, Kab. Klaten”. Ekbisi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 8, no. 2 (Juni 2014): 135-153
Gerung, Christy Jacklin. “ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado”. Jurnal EMBA, vol. 5, no. 2 (Juni 2017): 2221-2229.
Ghozali, Moch. “Membangun Kepuasan Konsumen Property mealui Harga bersaing dan Kualitas Pelayanan pada Perumahan PT. Atlantik Perkasa Abadi Pekanbaru”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen,vol. 3, no. 3 (2014): 2.
Gain, Robert dkk,”Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputuasn Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt”. Performe: Jurnal Manajemen dan start-Up Bisnis, vol. 2, no. 2, (Juni 2017): 142-150.
Hadi, Sutrisno. 2000. Seri Program Statistik-Versi 2010. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Hasan. 2000. Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: Gramedia.
Hargo Utomo. 1993. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gunadama.
Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Ekonomi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hosang, Nastasja “Analisis Pengaruh Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pasien (Studi Kasus pada Rumah sakit Siloam Manado)”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. 16, no. 01, (2016): 16.
Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Iqbal, Muhammad. 2019. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Transportasi Online Grabbike ,Study kasus pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi. Sumatera Utara Universitas Muhammadiyah.
Juliansyah, Noor. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: PT.Grasindo.
Junaedi, “Pengaruh Kualitas pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Travel Umroh di PT. Amanah Fadilah Insan Lumajang”, Iqtishoduna, vol 7. No 2, (Oktober 2018), 295-296.-
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Gafindo Persada.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran ( Marketing Manajemem). Jakarta: Prenhallindo.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha ilmu.
Lubis, Alfi Syahri. Nur Rahmah Andayani. “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam”. Journal of Business Administration, vol. 1, no. 2, (September 2017): 232.
Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajeman Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Emapat.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2012. Perilaku Konsumen, Bandung: PT Refika Aditama.
Maulana, Ade Syarif. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI”. Jurnal Ekonomi, vol. 7, no. 2, (November 2016): 115.
Muhammad. 2009. Ekonomi Islam. Malang: Empatdua.
Marwan, Dhoni. 2018. Pengaruh Pelayanan, Promosi, Harga dan Kepuasan Konsumen pelanggan terhadap Word Off Mouth (WOM) pada perusahaan travel haji dan umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri. Tesis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Universitas Muhammadiyah.
Nafis, Abdul Wadud. 2011. Ekonomi Makro Islam Teori dan Prakteknya. Jakarta: Mitra Abadi Press.
Nasution, Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor. Galia Indonesia.
Paulu, Sugianto Nurleha. Cristian, Fuad. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
P3EI Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 2012. Ekonomi Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rodoni, Ahmad. Hamid, Abdul. 2008. Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim.
Rumiyanti. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam ,Study kasus kantor (BPJS) Kesehatan Kabupaten pesawaran. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Setyo, Purnomo Etwin. ”Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen”. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 6, (Februari 2017): 755.
Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Penada Media Group.
Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Tulungagung: Prestasi Pustaka Publisher, 2009
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharso, Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Praktice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subidyo,Thorik Gunara Utus Hardiono. 2007. Marketing Muhammad. Bandung: Madani Prima.
Sutrisno, Hadi. 2000. Seri Program Statistik-Versi 2010. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Sutrisno, Hadi. 1991. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, tes dan Scala nilai dengan Basica. Yogyakarta:Andi Offset.
Triantoro, Kurnia “ Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan pelanggan pengguna Jasa Kereta Api Menoreh Kelas Ekonomi”. Diponegoro Journal Of Social and Political Of science, (2015): 1-10.
Tunjungsari, Hetty Karunia . 2014. Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Published
2020-12-29
How to Cite
LESTARI, Masayu. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Manarul Quran Biro Perjalanan Umroh. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 63-79, dec. 2020. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/823>. Date accessed: 20 jan. 2021.
Section
Articles