Pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk Pemberdayaan Mustahiq pada Program Perbaikan Rumah Tangga Miskin di BAZNAS Kabupaten Lumajang

  • Dewi Khodijah

Abstract

Zakat, Infak, dan Shodaqoh adalah salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting, dan menentukan baik dari sisi ubudiyah maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan ekonomi umat. Selain sebagai ibadah, ZIS juga memiliki keterkaitan sangat dimensi dengan sosial keummatan, karena secara substansif, pendayagunaan zakat secara material yang memiliki partisipasi aktif dalam memecahkan permasalahan seperti peningkatan kualitas hidup kaum dhuafa, peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi. Fakir apabila ia tidak memiliki harta benda untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya sendiri. Miskin adalah memiliki harta atau usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup. Fokus  masalah dalam penelitian adalah : 1. Bagaimana pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh  di BAZNAS kabupaten Lumajang ? 2. Bagaimana pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk pemberdayaan mustahiq pada program perbaikan rumah tangga miskin di BAZNAS kabupaten Lumajang? Adapun tujuan penelitian adalah: 1.Untuk mengetahui pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh  di BAZNAS kabupaten LUMAJANG. 2. Untuk mengetahui pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh di  pemberdayaan mustahiq pada program perbaikan rumah tangga miskin di BAZNAS kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian lapangan yaitu : Zakat dihimpun dari penerimaan zakat maal, sedangkan penyalurannya tidak lepas dengan delapan golongan  (asnaf), sedangkan untuk indonesia budak tidak di ikutkan. dan penerimaan infaq tidak terkait atau lebih leluansa dari pada zakat. Dan dalam perbaikan rumah tangga miskin membenatu dalam memperbaiki rumah tidak layak huni, membantu kebutuhan sehari-harinya yang penghasilannya kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Bin Husaini, Abu Suja'. Matan Al-ghayah. Surabaya : Al-miftah
Ahmadi. Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kalitatif .Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Al- Qardawi, Yusuf. 1995. Kiat Islam Mengatasi Kemiskinan. Jakarta : Gema Insani press.
Alam, Azhar (Analisis efisiensi pengelolaan dana zakat,infaq dan sodaqoh di baznas kota se-karesidenan surakarta dengan menggunakan metode data envelopment analysis dea). Vol. 7
Andi Prastowo. Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Persepektif Rancangan Penelitian .Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Arikunto. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Bagus Permadi,Margin Lestari. 2017. Analisis Efisien Pengelolaan Dana zakat infaq dan sodaqoh pada organisasi pengelolaan zakat di indonesia. Jakarta : Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Bungin. Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media.
Dokumentasi BAZNAS Lumajang.
Haffidhuddin. Didin.1998. panduan praktis tentang Zakat, Infaq dan Sodaqoh. Jakarta: gema insani press.
Jannah. Nur Miftahul.2017. Skripsi tentang pendayagunaan Dana Zakat sebagai bantuan dana sosial masyarakat di Badan Amil Zakat Nasional Lumajang. Wonorejo: IAI Syarifuddin.
Kairina. Nazlah. Analisis Pengelolaan Zakat, Infak, Dan Sedekah (ZIS) Untuk Meningkatkan Ekonomi Duafa. Medan: Perguruan Islam Al- Amjad.
Kamus pusat Bahasa. 1993. kamus besar bahasa indonesia.
Kamus pusat Bahasa. 2008. kamus bahasa indonesia. jakarta: Pusat Bahasa.
Lapopo.Jumadin. 2012. pengaruh ZIS (Zakat, Infaq,Sodaqoh) dan zakat fitrah terhadap penurunan kemiskinan di indonesia periode 1998-2010, jurnal tentang media ekonomi, vol. 20.
Machfudz. Masyhuri. 2015. Dekonstruksi Model Ekonomi Islam yang terukur. UIN-Maliki Press.
Maghfiroh. Mamluatul. 2007. zakat, yogyakarta : Insan Madani.
Makmun. Syukron. 2018. Pengelolaan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh Dalam Persepektif GOOD CORPORATE GOVERNANCE .Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Mardani. 2016. Hukum Islam: Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (konsep islam mengentaskan kemiskinan dan menyejahteraan umat). PT: Citra Aditya Bakti.
Masta. Fadelan fitra. 2010. Peranan Zakat dalam meningkatkan kualitas rumah (Studi kasus pada Masyarakat Miskin penerimaan program bedah rumah). Semarang : Magister Teknik Pembangunan. 44
Moloeng. Lexi.j. 2008.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhajir. Neong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Munir. Misbahul. 2014. Ekonomi Qur'ani reformasi ekonomi dalam al-quran, UIN-Maliki press.
Nurhayati. Sri. 2011. Akuntansi Syari'ah di Indonesia edisi 2 revisi. jakarta: Salemba Empat.
Patilima. Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitataif . Bandung: Alfabeta.
Rozalinda. 2015. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktifitas Ekonomi. Jakarta: Rajawali press.
Soekanto. Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. jakarta: Rajawali press.
Soemitra. Andri. 2009. Bank dan lembaga keuangan syariah jakarta: kencana prenadamedia.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Al-fabeta.
Suwedo. Eri. 2004. Manajemen Zakat. Jakarta.
Wardayanti. Siti Maria. 2015. Analisis pengendalian intren COSO pada pengelolaan dana zakat, infaq dan sodaqoh. jurnal tentang Analisa Journal of Social Science and Religion. Volume 22.
Published
2020-12-29
How to Cite
KHODIJAH, Dewi. Pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk Pemberdayaan Mustahiq pada Program Perbaikan Rumah Tangga Miskin di BAZNAS Kabupaten Lumajang. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 47-62, dec. 2020. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/822>. Date accessed: 20 jan. 2021.
Section
Articles