Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas

Authors

  • Nine Septa Maharani Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i2.820

Keywords:

Promosi, Fluktuasi, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadapnMinat Nasabah pada Produk Tabungan Emas (Studi Kasus Pegadaian Syariah Lumajang).Adapun rumusan masalah yang di paparkan dalam penelitian (1) Apakah Promosi dan Fluktuasi harga secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat nasabah pada tabungan emas di Pegadaian Syariah ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1)Menganalisis pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga terhadap minat nasabah pada tabungan emas di Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, keusioner, wawancara, yaitu data yang mengandung keterangan serta penjelasan nasabah dalam menabung emas. Kemudian diakukan analisis terhadap data – data yang di peroeh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, Uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji T serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari perhitungan regresi linier berganda variabel promosi (X1) variabel promosi tidak berpengaruh terhadap variabel minat. hal ini dibuktikan dengan hasil output nilai t hitung sebesar -1.923 < 1,996, artinya jika promosi ditingkatkan maka minat investasi emas akan menurun. variable fuktuasi harga  (X2) berpengaruh terhadap variabel minat. hal ini dibuktikan dengan hasil output nilai t hitung sebesar 6.658 > 1,996 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya jika fluktuasi harga naik maka minat investasi akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta,
Arifianto, Doddy. 2012. Ekonometrika esensi dan Aplikasi menggunakan EVIEWS. Jakarta : Erlangga.
Brousur Pegadaian Syariah tentang Tabungan Emas
Firdaus, Muhammad, dkk. 2005. Dasar dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Renainsan.
Gain, Robert, dkk, “ Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda”. Performe Jurnal Manajemen dan Start – Up Bisnis.Vol. 2. no. 2
Hadi, Sutrisno. 1991. Analysis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes dan Skala Nilai dengan Basica.
Latumaerissa , Julius R. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lain: Teori kebijakan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Latan, Hengky dan Temalagi, Selva. 2013, Analisis Multivariate : Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung : Alfabeta.
Maya, Angea, Sivia, Faktor – Faktor yang Mempengarui Minat Nasbah Menggunkan Internet Banking Pada PT
Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution : untuk analisis data dan Uji Statistik. Yogyakarta : Mediakom
Priyatno, Duwi. 2018 SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum, Yogyakarta : Andi Offset.
Rangkuti, Feddy . 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication,
Ridwan dan Kuncoro, Engkos Ahmad. 2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis(Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta.
Sinambela , Anisy, Putri, Syam,. 2019. Penerapan system Gadai Emas Pada Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Suryadi, Didih. 2013. Promosi efektif menggugah minat dan loyalitas pelanggan. Jakarta: Platinum.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Singarimbun, Masri dan Hadi, Sofian. 2008. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3S
Susisla, Ikhwan dan Fatchurrahman. 2014. Service Value Sebuah Variabel Pemediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan. Terhadap Minat Beli: Jurnal Emperika, Vol. 17, No.1
Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian, Bandung : Pustaka Setia.
Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tohir, Kaslan, A. 2009. Ekonomi Modern. Jakarta: Paradnya Paramita.
Wijayanti, Rima. 2019. Pengaruh Modal Minimal Invetasi, Promosi dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa Berivestasi Dinar di Gerai Dinar BMT Daarul Mustakim Pekalongan : Journa., Vol.4. No.1
Yuliana, Indah . 2010. Investasi Produk Keuangan Syariah . Malang: UIN Maliki
Internet : Blog.e-mas.com/2017\12\18 Keunggukan Investasi Emas\ di Akses pada 12 Maret 2018).

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(2), 80–96. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i2.820

Issue

Section

Articles